Selasa, 19 Juni 2012

Dihantam Ombak, Kapal Tenggelam

  • Tiga Penumpang Selamat

BATANG- Kapal pengangkut ikan Poxy 01 milik nelayan Karimunjawa tenggelam akibat dihantam gelombang besar di tengah Laut Karimunjawa, Jepara, Minggu (17/6). 

Beruntung, tiga penumpang kapal itu berhasil diselamatkan oleh nakhoda kapal Agung Arya Perkasa Rembang, lalu korban dibawa ke Satpolair Polres Batang, Senin (18/6). 

’’Tiga orang korban memanggil-manggil dari tengah laut. Saya bersama 11 anak buah kapal (ABK), berusaha menolong mereka,’’ ujar Ramelan. 

Setelah berhasil menolong korban, Kapal Agung Arya Perkasa berusaha menarik Kapal Poxy 01 Karimunjawa untuk diselamatkan. Namun karena ombak saat itu besar, niat tersebut dibatalkan. Ketiga korban lalu terpaksa dibawa ke Batang dan melaporkan kejadian tenggelam kapal tersebut ke Satpolair Polres Batang. 



Pasalnya, saat itu jika dibawa ke Jepara maka akan berisiko dengan ombak yang sangat besar, kemarin. ’’Kalau ke Jepara itu melawan ombak. Daripada risikonya lebih besar, maka kami memilih ke arah Batang. Sampai di Batang, Senin (18/6), pukul 02.00 malam,’’ kata Kapten kapal Poxy 01, Andi Suaedi.
Kasatpolair Polres Batang AKP Yohanes Setyadhi SH mengatakan, pemulangan korban kapal tenggelam tersebut ke Karimunjawa akan dilakukan dengan berkoordinasi bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Batang terlebih dahulu. 

Bisa Berpegangan
Kapten kapal Poxy 01 Andi Suaedi (30), mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (17/6) sekitar pukul 14.30. Dirinya bersama Ahmad Rosad (45) dan Ahmad Asari (23), sedang mengangkut ikan dari Karimunjawa menuju ke Pelabuhan Jepara. 

Saat itu gelombang laut sangat besar dan menghantam kapal yang dinaikinya. Akibatnya, papan bagian bawah kapal pecah dan bocor. Kapal pun kemudian terisi air dan perlahan tenggelam. Andi bersama dua temannya berusaha menyelamatkan diri dengan berpegangan pada tiang kapal.

’’Kami berpegangan tiang kapal di tengah laut mulai dari pukul 15.00 sampai pukul 17.00. Saat itu kapal masih terapung dan bisa untuk berpegangan,’’ kisah Andi Suaedi.

Setelah sekitar dua jam terapung di tengah laut, beruntung ada kapal Agung Arya Perkasa dari Rembang yang melintas. Andi bersama dua orang temannya lalu berupaya meminta tolong kapal tersebut dengan mengibarkan baju dan kain di tengah laut. 

Melihat ada kapal tenggelam dan orang yang meminta tolong, nakhoda kapal Agung Arya Perkasa, Ramelan, bersama anak buahnya kemudian berusaha menolong mereka. 

Kasatpolair Polres Batang AKP Yohanes Setyadhi mengatakan, saat ini memang terjadi ombak besar.
’’Sudah sekitar tiga hari ini terjadi ombak besar di perairan Pantura. Ketinggian ombak bahkan mencapai 1-2 meter dipantau 5 mil dari Pantai Sigandu. Beruntung tiga orang tersebut bisa selamat di tengah situasi laut sekarang ini,’’ katanya. (H56,kar-49)
sumber:www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar: