Jumat, 22 Juni 2012

Lomba MTQ Pelajar ke-28 dan STQ ke-22 Tingkat Kabupaten Pekalongan

Kajen – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) merupakan ajang yang sangat potensial untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan wawasan nasionalisme di kalangan pelajar, sekaligus diharapkan mampu menjadi stimulus positif keimanan dan ketaqwaan. Demikian disampaikan Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Drs. Mujiyanto saat membacakan sambutan Bupati Pekalongan Drs. H. A. Antono, M.Si pada pembukaan MTQ Pelajar ke-28 dan STQ ke-22 di Islamic Center Kedungwuni, Rabu (20/6).

“Harapan saya MTQ Pelajar ke-28 dan STQ ke-22 Tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2012 ini dapat berlangsung dengan sukses, memberikan manfaat yang besar terhadap pembangunan manusia di Kabupaten Pekalongan tercinta ini,” harap Bupati.  “Saya minta agar dalam penyelenggaraan MTQ Pelajar dan STQ Tingkat Kabupaten Pekalongan ini harus mengupayakan adanya nilai tambah pada kualitas penyelenggaraan, performa peserta, profesionalisme dan kejujuran kita semua,” imbuh Drs. H. A. Antono, M.Si.



Sementara itu panitia penyelenggara Kurdiyanto Kasubag Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda dalam laporan menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ Pelajar ke-28 dan STQ ke-22 dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 20 dan 21 Juni 2012. MTQ Pelajar diikuti oleh perwakilan pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA putra/putri dari kafilah 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Dan untuk STQ diikuti oleh anak, remaja, dan dewasa putra/putrid perwakilan kafilah dari 19 Kecamatan juga.

Sedangkan cabang yang dilombakan antara lain, untuk MTQ Pelajar terdiri dari Tilawah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA baik putra maupun putri; Tartil SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA putra/putri; dan Tahfidz 1 juz dan Tilawah SMP/MTs putra/putrid, serta Tahfidz 5 juz dan Tilawah SMA/MA putra/putri. Untuk STQ, cabang yang dilombakan antara lain Tilawah anak, remaja, dan dewasa putra/putri; Tahfidz 1 juz dan Tilawah putra/putri; Tahfidz 5 juz dan Tilawah putra/putri; Tahfidz 10 juz dan Tilawah putra/putri, Tahfidz 30 juz dan Tilawah putra/putri, Tafsir bahasa Arab untuk putra/putri.

Kata Kurdiyanto, untuk tiap-tiap cabang akan memperebutkan Juara I, II, dan III. Dan akan diberikan trophy, piagam serta uang pembinaan yang akan diserahkan pada akhir pelaksanaan masing-masing cabang. “Untuk Juara I masing-masing cabang pada lomba MTQ Pelajar akan dipersiapkan sebagai Kafilah Kabupaten Pekalongan untuk maju ke MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan berlangsung pada bulan September 2012 nanti.
Acara diawali dengan tampilan grup rebana dari siswa-siswa MIN Kedungwuni dibawah pelatih Kepala Sekolahnya Drs. Muslimin membawakan sholawat-sholawat Nabi dalam sebuah lagu yang diiringi dengan alat musik kendang/genjring. Dan diramaikan pula oleh grup drumband dari siswa-siswi MIN Kedungwuni pula.

Upacara pembukaan MTQ dan STQ tersebut dihadiri oleh perwakilan dari FKPD, Camat dan Muspika Kecamatan Kedungwuni serta jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. (di2k).
sumber:www.pekalongankab.go.id

Tidak ada komentar: