Jumat, 14 September 2012

DPPK Kota Pekalongan Berencana Membangun Gudang Pendingin

2013, DPPK Pekalongan Akan Bangun Gudang Pendingin

PEKALONGAN. suaramerdeka.com  - Dinas Peternakan, Pertanian dan Kelautan (DPPK) Kota Pekalongan berencana membangun gudang pendingin (cold storage), sistem rantai dingin (cold chain system) serta pabrik es untuk menjaga kualitas ikan dan menjamin ketersediaan pasokan bahan baku bagi industri pengolahan ikan.

 ilustrasi

Kepala DPPK Kota Pekalongan Candra Herawati menjelaskan, pengembangan sarana dan prasarana penunjang pelabuhan perikanan itu akan dilaksanakan pada tahun depan.

"Saat ini, banyak nelayan yang menjual hasil tangkapan di laut. Akibatnya, harga ikan sangat murah. Nelayan rugi, Pemkot juga rugi karena retribusi tidak masuk. Karena itu, untuk mengurangi penjualan ikan di tengah laut, nantinya akan dibangun gudang pendingin dan sistem rantai dingin,” ujar Candra, Minggu (9/9).

Data Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) menyebutkan, dari tahun ke tahun, produksi ikan di Kota Pekalongan terus merosot. Pada tahun 2004, produksi ikan rata-rata per hari sebesar 164 ton.
Pada 2005, produksi ikan turun menjadi 120 ton per hari, turun lagi pada tahun 2006, yakni 89 ton per hari. Hingga tahun 2011, produksi ikan di Kota Pekalongan hanya 52 ton per hari.

Produksi ikan yang terus turun tersebut disebabkan oleh penjualan ikan di laut yang mencapai lebih dari 70 persen dari hasil tangkapan ikan. Diperkirakan, uang yang hilang di laut akibat penjualan ikan di tengah laut mencapai Rp 1.418.713.000 per hari.
( Isnawati / CN26 / JBSM )

Tidak ada komentar: