Sabtu, 01 September 2012

Puluhan Hektare Sawah Kekeringan Dan Gagal Panen

Puluhan hektare sawah di Pekalongan kekeringan
Pekalongan (ANTARA News) - Puluhan hektare lahan pertanian di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kini dalam kondisi kekeringan akibat debit air di sembilan bendungan menyusut dan rusak.

Wardi, petani di Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa musim kemarau yang berkepanjangan ini telah mengakibatkan puluhan hektare sawah kekeringan dan gagal panen.

"Pada kondisi normal, petani mampu melaksanakan dua musim tanam per tahun. Akan tetapi akibat kekeringan maka kini kami mengalami kerugian puluhan juta rupiah karena hasil panen tidak maksimal," katanya.

Menurut dia, para petani sudah berusaha mendapatkan air untuk menyirami tanaman padi dengan menggunakan mesin diesel dan membuat sumur pantek tetapi hasilnya tidak maksimal.
 


Kepala Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pekalongan, Bambang Pramukanto mengatakan bahwa musim kemarau ini mengakibatkan sumber air di pegunungan, seperti di Kecamatan Kandangserang, Lebak Barang, dan Paninggaran menyusut bahkan mulai mengering.

Menyusutnya sumber air di pegunungan itu, katanya, berdampak pada debit air di sembilan bendungan daerah setempat juga mengering.

"Sebanyak sembilan dari 11 bendungan sudah mengering dan hanya Bendungan Rogoselo dan Tapak Menjangan masih cukup lumayan," katanya.

Menurut dia, sebenarnya pada kondisi normal, 11 bendungan itu mampu mengairi sekitar 260 hektare lahan pertanian.

"Akan tetapi, akibat musim kemarau maka kini 70 persen tanaman padi terancam kekeringan," katanya.
(ANT)
Editor: Desy Saputra

Tidak ada komentar: