Sabtu, 21 Desember 2013

Kampung Canting di Kelurahan Landungsari

Pemkot Bangun Tugu Canting

PEKALONGAN – Untuk mempertegas keberadaan Kampung Canting di Kelurahan Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan membangun Tugu Canting. Ketua Paguyuban Kampung Canting, Faizal Riza mengatakan, tugu tersebut dibangun di tepi jalan raya di samping gang 19.
Baru dikerjakan dua atau tiga hari yang lalu,” jelas Faisal, Sabtu (14/12). Dikatakan, dengan adanya tugu tersebut berarti semakin mempertegas keberadaan Kampung Canting Landungsari. Apalagi bentuk tugu yang menggambarkan lekukan pada motif canting cap dilengkapi dengan tiruan canting batik tulis raksasa.
Riza menambahkan, selain membangun tugu canting, Pemkot juga memasang papan penunjuk lokasi perajin canting. Dalam papan tersebut tertulis nama-nama perajin di setiap gang. “Saat ini baru terpasang 10 papan (penunjuk lokasi-red),” imbuh Riza. Dia menjelaskan, saat ini di Landungsari terdapat 28 perajin canting. Sebagian besar adalah perajin canting cap, hanya satu rumah industri canting batik tulis.
Produksi Canting
Adapun dalam memproduksi canting cap, bahan baku utama berupa tembaga masih didatangkan dari Tegal. Untuk memproduksi satu canting cap dari bahan tembaga dibutuhkan waktu sekitar satu minggu. Dalam satu bulan di sentra canting itu bisa memproduksi sebanyak 100 buah. Canting yang sudah selesai diproduksi harganya paling murah Rp 500 ribu/buah. (K40-69)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 16-12-2013)

Tidak ada komentar: