Sabtu, 21 Desember 2013

213 kepala desa (kades) hadiri acara Pembekalan dan Pelatihan Kepala Desa se-Kabupaten Pekalongan

PEMKAB BEKALI 213 KADES TERPILIH 

Selama tahun 2013 ini, sejumlah 213 kepala desa (kades) telah dilantik. Mereka berasal dari beragam profesi dan latar belakang. Hal ini mendorong Pemerintah Kabupaten menyelenggarakan pembekalan dan pelatihan kepada para kades tersebut sebagai suatu upaya untuk menyatukan pola pikir sebagai seorang pimpinan pemerintahan desa. Demikian sambutan Bupati Pekalongan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dalam acara Pembekalan dan Pelatihan Kepala Desa se-Kabupaten Pekalongan yang diselenggarakan hari ini, 18 Desember 2013 di aula lantai 3 Setda.

Wakil Bupati melanjutkan kegiatan ini bermanfaat untuk para kades dalam mengemban tugas penyelenggaraan pemerintah desa yang baik antara lain memiliki kemampuan, wawasan, keterampilan, moral dan budi pekerti. “Seorang kades sangat menentukan keberhasilan proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di tingkat bawah (desa). Jika mengabaikan kemampuan dan wawasan kepemimpinan akan mengakibatkan kurang berhasilnya mencapai sasaran dan tujuan pembangunan yang telah ditetapkan”, ujarnya.

Ditambahkan Wabup, hendaknya para peserta dapat mengikuti pembekalan dan pelatihan ini dengan seksama dan benar-benar memahami sebagai bekal dalam memimpin desanya masing-masing. “Saya tegaskan, saudara semua yang hadir disini adalah orang-orang yang terpilih. Dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin mereka. Kepercayaan yang sudah diberikan ini harus diwujudkan dengan tindakan yang bertanggung jawab. Sebagai pemimpin, maka apapun yang kita lakukan menjadi contoh untuk warga. Jadilah pemimpin yang aktif mengupayakan program-program pemerintah agar bisa dilaksanakan dan bermanfaat bagi kemajuan desa”.

Sementara itu, Kabag. Pemerintahan Setda, Budi Suswantoro, BA dalam laporannya menyampaikan kegiatan pembekalan dan pelatihan ini bertujuan antara lain agar dalam pelaksanaan aturan desa tidak salah tafsir serta tertib administrasi desa dan pengelolaan keuangan desa. “Selain itu agar pengelolaan kelembagaan desa sesuai dengan tujuan sehingga dapat bekerja sama dengan kepala desa dalam memberdayakan masyarakat”, jelasnya.

Budi Suswantoro menambahkan kegiatan dilaksanakan 2 hari, 18-19 Desember 2013 dengan peserta 213 kades yang terdiri dari 193 laki-laki dan 20 perempuan. “Materi yang disampaikan meliputi Kepemimpinan, Sistem Pemerintahan Desa, Administrasi Desa, Keuangan Desa, Produk Hukum Desa serta Manajemen Pemerintahan Desa. Menurut rencana, Bupati Pekalongan dijadwalkan akan memberikan materi Kepemimpinan besok Kamis, 19 Desember 2013”. (rizka-aan)
sumber

 

Tidak ada komentar: