Sabtu, 14 Desember 2013

Tingkat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara meningkat

500 Wisatawan Kunjungi Kampung Batik Kauman

PEKALONGAN – Setiap bulan, rata-rata 500 wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Kampung Batik Kauman Kota Pekalongan. Tingkat kunjungan yang tinggi ini mendorong Paguyuban Batik Kauman untuk menyelenggarakan pelatihan pemandu wisata dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada wisatawan. Ketua Paguyuban Batik Kauman, M Rofiqur Rusdi mengatakan, pelatihan difasilitasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Pariwisata.
Narasumber pelatihan dari Himpunan Pemandu Wisata Indonesia (HPI) Provinsi Jateng,” jelas Rusdi, selasa (10/12). Narasumber yang hadir yaitu Ketua HPI, Era Damayanti yang dalam materinya menyampaikan bahwa seorang pemandu wisata harus menyusun program yang akan disampaikan kepada wisatawan. “Jangan sampai pemandu wisata menyampaikan promosi wisata berulang-ulang, tapi harus disusun terlebih dahulu yang sudah disampaikan tidak perlu disampaikan lagi,” kata Era.
Kerja Sama
Pelatihan pemandu wisata Kampung Batik Kauman dilaksanakan di Griya Batik Mas, dan dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan, Doyo Budi Wibowo. “Pelatihan ini untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap wisatawan bahwa kampung baik perlu dikelola dan dipromosikan dengan baik,” ujar Doyo.
Harapannya, ketika peserta sudah menjalankan tugas sebagai pemandu dapat memuaskan wisatawan yang berkunjung ke kampung batik kauman, menurut Doyo, termasuk tinggi lantaran ada kerja sama dengan hotel-hotel di Pekalongan. Manajemen hotel, lanjutnya, memasukkan kampung batik ke dalam program destinasi wisata kepada tamu. (K40-74)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 11-12-2013)

Tidak ada komentar: