Sabtu, 21 Desember 2013

PAD Rp 1,78 Miliar dari Empat BUMD

Empat BUMD Sumbang PAD Rp 1,78 Miliar

PEKALONGAN – Empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Pekalongan sepanjang Januari hingga 30 November tahun ini menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp 1,78 miliar ke Pemkot Pekalongan. Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kota Pekalongan, Setyo Susilo menyampaikan hal tersebut pada Evaluasi Kinerja dan Pembinaan Manajemen Perusda Kota Pekalongan di ruang Kresna Setda Kota Pekalongan, Jumat (13/12).
Empat BUMD tersebut, yakni PD BPR Bank Pekalongan, PD BPR BKK Kota Pekalongan, PD BKK Pekalongan Utara dan PDAM Pekalongan. Dijelaskan dia, berdasarkan audit dan penilaian dari Bank Indonesia, kinerja tiga BUMD, yakni PD BPR Bank Pekalongan, PD BPR BKK Kota Pekalongan dan PD BKK Pekalongan Utara, dinyatakan baik. Begitu juga hasil audit dan penilaian Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) terhadap PDAM, juga baik. “Empat BUMD di Kota Pekalongan baik, tidak ada yang merugi,” terangnya. 
Menurut dia, pada tahun ini kinerja empat BUMD milik Pemkot Pekalongan menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan. “PD BPR bank Pekalongan yang semula rugi, saat ini telah mendapatkan laba operasional sebesar Rp 631,525 juta. Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet juga mengalami penurunan, yang semula 35 persen tahun ini turun menjadi 12 persen,” katanya.
Meningkat
Selama sebela bulan, aset keempat BUMD Pemkot Pekalongan tercatat Rp 119,926 miliar. Jumlah aset ini meningkat dibandingkan aset tahun 2012, yakni Rp 113,859 miliar. Begitu juga kredit yang disalurkan kepada masyarakat, meningkat dibandingkan tahun 2012. Sepanjang Januari hingga 30 November tahun ini, kredit yang disalurkan tiga BUMD sebesar Rp 67,201 miliar. Sedangkan tahun 2012, kredit yang disalurkan Rp 63,858 miliar.
Dana yang dihimpun dari masyarakat juga meningkat, dari Rp 68,575 miliar tahun lalu, meningkat jadi Rp 69,619 miliar sepanjang Januari hingga 30 November tahun ini. Sementara itu, laba keempat BUMD baru tercatat Rp 4,556 miliar. Sedangkan tahun lalu, laba mencapai Rp 5,351 miliar.
Hadir dalam acara itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Pekalongan Yani Setiawan, Dirut PD BPR Bank Pekalongan Agus Junaedi, Dirut PD BPR BKK Kota Pekalongan Paryono dan Dirut PD BKK Pekalongan Utara Agus Fahrozi. Wakil Walikota A Alf Arslan Djunaid meminta mereka untuk meningkatkan penyaluran kredit kepada masyarakat. (K30-49)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 14-12-2013)

Tidak ada komentar: