Jumat, 31 Mei 2013

Anjloknya Kereta Api (KA) Matarmaja jurusan Malang-Jakarta, jadwal perjalanan KA dibatalkan

Empat Perjalanan KA Dibatalkan
*) Ratusan Tiket Dikembalikan
*) Dampak Anjloknya KA Matarmaja
*) Stasiun Besar Pekalongan

STASIUN – Anjloknya Kereta Api (KA) Matarmaja jurusan Malang-Jakarta di Kilometer 54+6 antara stasiun Pelabuhan-Kuripan, Batang, Kamis (30/5) pagi, berdampak pada jadwal keberangkatan KA di Stasiun Besar Pekalongan.

Sedikitnya, jadwal perjalanan KA dibatalkan karena adanya insiden tersebut. Selain itu, dua jadwal perjalanan lain juga mengalami penundaan selama beberapa jam.

Wakil Kepala Stasiun Besar Pekalongan, Muhammad Wahyu menjelaskan, empat perjalanan KA yang harus dibatalkan, karena adanya insiden tersebut seluruhnya merupakan jadwal perjalanan KA Kaligung Mas.

Dua jadwal perjalanan dari Tegal menuju Semarang masing-masing pukul 5.34 dan 10.19 dan dua lainnya adalah jadwal perjalanan Kaligung Mas dari Semarang menuju Tegal yaitu pukul 07.34 dan 10.27. Sementara untuk KA perjalanan yang ditunda adalah KA Argo Sindoro dan KA Fajar Bisnis.

“Untuk Kaligung, seluruh jadwal dibatalkan karena rangkaian masih berada di Stasiun Tegal. Sehingga tidak memungkinkan pula untuk perjalanan sebaliknya. Untuk KA Argo Sindoro, jadwal masuk ke Stasiun Pekalongan adalah sekitar pukul 07.00 diperkirakan masuk pukul 12 siang, sementara untuk Fajar Bisnis jadwal masuk ke Stasiun adalah sekitar pukul 9.30 WIB. Kamiperkirakan baru sampai sekitar 11.30 karena penundaan beberapa jam,” terangnya.

Akibat pembatalan dan penundaaan tersebut, dikatakan Wahyu pihak Stasiun Pekalongan mengambil kebijakan untuk mengembalikan uang tiket penumpang sebanyak 100 persen. Dari catatan petugas loket, sudah ada ratusan tiket yang dikembalikan kepada penumpang.

 “Untuk Kaligung, terpaksa seluruhnya kami kembalikan. Sementara untuk Argo Sindoro dan Fajar Bisnis, bagi yang ingin dikembalikan kami akan kembalikan namun bagi yang berkenan menunggu juga kami persilahkan,”ucap Wahyu.

Pihak Stasiun Besar Pekalongan, menerima kabar adanya rangkaian KA anjlok sekitar pukul 5.40 pagi. Menurut informasi yang diterima Wahyu, perbaikan diperkirakan baru selesai dilakukan diatas pukul 10.00. Sehingga untuk perjalanan KA mulai pukul 05.00 hingga pukul 12 siang terpaksa harus dibatalkan untuk KA lokal. 

“Namun untuk jadwal perjalanan KA diatas jam tersebut, kami perkirakan sudah akan kembali normal seperti biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, adanya insiden tersebut juga membuat adanya penumpukan penumpang di Stasiun. Sebagian dari penumpang Argo Sindoro dan Fajar Bisnis, memilih untuk menunggu kereta dari pada mengembalikan tiket.

Hafiz, salah satu penumpang Argo Sindoro, mengaku kecewa atas adanya penundaan tersebut. Dirinya yang sudah berada di stasiun tepat pukul 7 pagi, harus menunggu lebih dari lima jam tanpa adanya kejelasan.

Dirinya yang mengaku berlibur ke tempat saudaranya di Pekalongan, terpaksa harus menunggu karena harus kembali pada hari itu.

“Saya ada jadwal kegiatan di Jakarta pada esok hari, sehingga mau tak mau harus menunggu kereta ini. Karena untuk naik transportasi lain waktunya sudah tidak mencukupi, juga karena sudah siang,” pungkasnya. (nul)

 

Tidak ada komentar: