Standar Pelayanan RSUD Bendan Diaudit
Setelah
akreditasi ISO 9001:2008 pada Oktober tahun 2012, sistem pelayanan di
RSUD Bendan menjalani audit yang pertama, Selasa (7/5). Menggandeng
auditor eksternal dari Surabaya, selama dua hari ke depan semua bentuk
pelayanan kepada pasien di Rumah sakit yang sudah berbentuk BLUD
tersebut akan dipantau dan dinilai.
Direktur
RSUD Bendan, dr Bambang Prasetijo Mkes menjelaskan, memang RSUD Bendan
telah meraih sertifikat ISO sebagai jaminan standar mutu pelayanannya.
“Bisa dibilang audit ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan secara
berkelanjutan. Karena jika dalam audit hasilnya dibawah standart, ISO
bisa dicabut,” terangnya.
Audit
terhadap standar pelayanan akan berlangsung selama itga tahun sejak
diraihnya ISO. Jika sudah melewati tahapan tersebut dengan nilai
memuaskan, maka instansi yang bersangkutan sudah memenuhi standar
pelayanan. “sesuai apa yang sudah diinstruksikan Walikota bahwa semua
instansi harus ber-ISO, maka kami juga berupaya untuk
memenuhinya,”imbuh Bambang.
Menghadapi
audit terssebut, pihak RSUD juga telah melakukan persiapan sejak
pertama diraihnya ISO pada Oktober 2012. Menurut Bambang, setelah
mendapatkan ISO seluruh pelayanan di rumah sakit harus sesuai dengan
standar mutu yang berlaku. Karena, audit yang dilakukan akan menyasar
seluruh bentuk pelayanan hingga ke tingkat paling detail. “Pendampingan
untuk melaksanakan standar mutu sudah dilakukan sejak awal diraihnya
ISO. Mulai dari medis, keperawatan, MIPA, keamanan, hingga pelayanan
kecil lainnya semua dilakukan sesuai dengan standar,” terangnya lagi.
Sementara
itu, Mahjusin salah satu auditor menjelaskan audit akan dilakukan
selama dua hari dan hasilnya akan langsung disampaikan kepada pihak
rumah sakit pada Rabu (8/5)sore. Ada beberapa tingkat hasil audit yaitu
critical, major, minor dan observasi. Dijelaskannya jika hasil audit
masih sampai pada tahapan critical atau major maka rekomendasi ISO
tidak bisa diberikan
Namun
jika hasil sudah mencapai mainor dan observasi maka rekomendasi ISO
bisa diberikan. “Semua bidang pelayanan akan kami audit, harapannya
agar seluruh jajaran karyawan bisa memberikan keterangan dan penjelasan
yang detail terkait bidangnya masing-masing,”pungkasnya. (nul)
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 08-05-2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar