Sabtu, 11 Mei 2013

Bentuk peningkatan pelayanan, RSUD Bendan menjalani audit

Standar Pelayanan RSUD Bendan Diaudit 

Setelah akreditasi ISO 9001:2008 pada Oktober tahun 2012, sistem pelayanan di RSUD Bendan menjalani audit yang pertama, Selasa (7/5). Menggandeng auditor eksternal dari Surabaya, selama dua hari ke depan semua bentuk pelayanan kepada pasien di Rumah sakit yang sudah berbentuk BLUD tersebut akan dipantau dan dinilai.

Direktur RSUD Bendan, dr Bambang Prasetijo Mkes menjelaskan, memang RSUD Bendan telah meraih sertifikat ISO sebagai jaminan standar mutu pelayanannya. “Bisa dibilang audit ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan secara berkelanjutan. Karena jika dalam audit hasilnya dibawah standart, ISO bisa dicabut,” terangnya.

Audit terhadap standar pelayanan akan berlangsung selama itga tahun sejak diraihnya ISO. Jika sudah melewati tahapan tersebut dengan nilai memuaskan, maka instansi yang bersangkutan sudah memenuhi standar pelayanan. “sesuai apa yang sudah diinstruksikan Walikota bahwa semua instansi harus ber-ISO, maka kami juga berupaya untuk memenuhinya,”imbuh Bambang.



Menghadapi audit terssebut, pihak RSUD juga telah melakukan persiapan sejak pertama diraihnya ISO pada Oktober 2012. Menurut Bambang, setelah mendapatkan ISO seluruh pelayanan di rumah sakit harus sesuai dengan standar mutu yang berlaku. Karena, audit yang dilakukan akan menyasar seluruh bentuk pelayanan hingga ke tingkat paling detail. “Pendampingan untuk melaksanakan standar mutu sudah dilakukan sejak awal diraihnya ISO. Mulai dari medis, keperawatan, MIPA, keamanan, hingga pelayanan kecil lainnya semua dilakukan sesuai dengan standar,” terangnya lagi.

Sementara itu, Mahjusin salah satu auditor menjelaskan audit akan dilakukan selama dua hari dan hasilnya akan langsung disampaikan kepada pihak rumah sakit pada Rabu (8/5)sore. Ada beberapa tingkat hasil audit yaitu critical, major, minor dan observasi. Dijelaskannya jika hasil audit masih sampai pada tahapan critical atau major maka rekomendasi ISO tidak bisa diberikan

Namun jika hasil sudah mencapai mainor dan observasi maka rekomendasi ISO bisa diberikan. “Semua bidang pelayanan akan kami audit, harapannya agar seluruh jajaran karyawan bisa memberikan keterangan dan penjelasan yang detail terkait bidangnya masing-masing,”pungkasnya. (nul)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 08-05-2013)

 

Tidak ada komentar: