11 KA Berhenti di Bekasi
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO --
Stasiun KA Bekasi di Jawa Barat yang selama ini tidak menjadi stasiun
pemberhentian dari KA penumpang dari arah Timur, akan dihidupkan lagi
menjadi stasiun pemberhentian.
Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, menyebutkan
kebijakan ini diambil untuk memudahkan penumpang KA tujuan Bekasi dan
sekitarnya, sehingga tidak harus turun di stasiun-stasiun wilayah
Jakarta.
"Sebanyak 11 KA jarak jauh jurusan Jakarta yang tadinya tidak berhenti di Stasiun Bekasi, mulai 1 Juli 2013 akan diberhentikan di stasiun Bekasi," katanya menjelaskan, Jumat (5/7).
"Sebanyak 11 KA jarak jauh jurusan Jakarta yang tadinya tidak berhenti di Stasiun Bekasi, mulai 1 Juli 2013 akan diberhentikan di stasiun Bekasi," katanya menjelaskan, Jumat (5/7).
Ke-11 KA yang berhenti tersebut, adalah KA penumpang yang berasal dari kota-kota di Jawa Tengah bagian Selatan.
Dia menyebutkan, kebijakan pemberhentian ke-11 KA di Stasiun Bekasi
ini, didasarkan pertimbangan bahwa Bekasi yang merupakan satelit dari
kota Jakarta, saat ini banyak menjadi tujuan penumpang KA dari Jateng
bagian selatan.
"Untuk memudahkan penumpang agar tidak terlalu jauh turun di
stasiun-stasiun di Jakarta, maka ke-11 KA tersebut diputuskan untuk
berhenti dan menurunkan penumpang di Bekasi," katanya menjelaskan.
Ke- 11 KA yang diputuskan berhenti di Bekasi, terdiri dari 10 kereta api yang melewati Lintas Tengah (Yogya-Purwokerto-Cirebon-Jakarta) dan 1 kereta api jurusan Jakarta lewat Lintas Selatan (Kroya-Bandung-Jakarta).
Antara lain, KA Taksaka Malam jurusan Yogya- Gambir, KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir, KA Sawunggalih Malam dan KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen, KA Gajahwong dan KA Senja Utama Yogya jurusan Yogyakarta-Pasarsenen, KA Senja Utama Solo jurusan Solo-Pasarsenen, KA Bengawan jurusan Solo-Tanjungpriuk, KA Progo jurusan Lempuyangan-Pasarsenen, KA Gaya Baru Malam jurusan Surabaya-Jakarta serta KA Serayu Malam jurusan Kroya-Jakarta lewat Bandung.
Kesebelas KA tersebut, semuanya adalah kereta api malam minus KA Gajayana, KA Argo Dwipangga dan KA Bima. "Kusus untuk ketiga kereta api eksekutif tersebut serta semua kereta api siang ke jurusan Jakarta, masih tetap tidak berhenti di stasiun Bekasi," katanya menjelaskan.
Berhentinya kereta api-kereta api tersebut di stasiun Bekasi juga terbatas hanya untuk perjalanan ke arah Jakarta. Sedangkan untuk perjalanan dari Jakarta ke arah Jawa Tengah/ Jawa Timur tetap tidak berhenti di Bekasi.
"Dengan demikian, KA jurusan Jakarta lintas tengah dan selatan yang tetap tidak berhenti di Bekasi adalah KA Gajayana, KA Argo Dwi Pangga, KA Bima, KA Argo Lawu, KA Taksaka Siang, KA Bogowonto, KA Sawunggalih Pagi, KA Fajar Utama Yogya dan KA Serayu Pagi," katanya.
Sebelumnya, kata Surono, tidak ada satupun kereta api jarak jauh jurusan Jakarta yang berhenti di Bekasi. Menurut jadwal Grafik Perjalanan Kereta api (Gapeka) 2013 yang berlaku mulai 1 April 2013 lalu memang semua KA jarak jauh jurusan Jakarta tidak berhenti di stasiun stasiun Bekasi.
''Dengan berhentinya 11 KA tersebut di stasiun Bekasi, maka penumpang yang memiliki tujuan Bekasi dan sekitarnya, bisa lebih menghemat waktu dan biaya perjalanan, daripada bila harus turun di stasiun di Jakarta," katanya menjelaskan.
Ke- 11 KA yang diputuskan berhenti di Bekasi, terdiri dari 10 kereta api yang melewati Lintas Tengah (Yogya-Purwokerto-Cirebon-Jakarta) dan 1 kereta api jurusan Jakarta lewat Lintas Selatan (Kroya-Bandung-Jakarta).
Antara lain, KA Taksaka Malam jurusan Yogya- Gambir, KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir, KA Sawunggalih Malam dan KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen, KA Gajahwong dan KA Senja Utama Yogya jurusan Yogyakarta-Pasarsenen, KA Senja Utama Solo jurusan Solo-Pasarsenen, KA Bengawan jurusan Solo-Tanjungpriuk, KA Progo jurusan Lempuyangan-Pasarsenen, KA Gaya Baru Malam jurusan Surabaya-Jakarta serta KA Serayu Malam jurusan Kroya-Jakarta lewat Bandung.
Kesebelas KA tersebut, semuanya adalah kereta api malam minus KA Gajayana, KA Argo Dwipangga dan KA Bima. "Kusus untuk ketiga kereta api eksekutif tersebut serta semua kereta api siang ke jurusan Jakarta, masih tetap tidak berhenti di stasiun Bekasi," katanya menjelaskan.
Berhentinya kereta api-kereta api tersebut di stasiun Bekasi juga terbatas hanya untuk perjalanan ke arah Jakarta. Sedangkan untuk perjalanan dari Jakarta ke arah Jawa Tengah/ Jawa Timur tetap tidak berhenti di Bekasi.
"Dengan demikian, KA jurusan Jakarta lintas tengah dan selatan yang tetap tidak berhenti di Bekasi adalah KA Gajayana, KA Argo Dwi Pangga, KA Bima, KA Argo Lawu, KA Taksaka Siang, KA Bogowonto, KA Sawunggalih Pagi, KA Fajar Utama Yogya dan KA Serayu Pagi," katanya.
Sebelumnya, kata Surono, tidak ada satupun kereta api jarak jauh jurusan Jakarta yang berhenti di Bekasi. Menurut jadwal Grafik Perjalanan Kereta api (Gapeka) 2013 yang berlaku mulai 1 April 2013 lalu memang semua KA jarak jauh jurusan Jakarta tidak berhenti di stasiun stasiun Bekasi.
''Dengan berhentinya 11 KA tersebut di stasiun Bekasi, maka penumpang yang memiliki tujuan Bekasi dan sekitarnya, bisa lebih menghemat waktu dan biaya perjalanan, daripada bila harus turun di stasiun di Jakarta," katanya menjelaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar