Kamis, 12 September 2013

24 cabang olahraga lakukan persiapan Jelang Porprov Jateng

Jelang Porprov Jateng Di Banyumas

PEKALONGAN - Menjelang ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng di Banyumas pada bulan depan, kontingen Kota Pekalongan diminta segera merapatkan barisan. Sebanyak 24 cabang olahraga yang ikut dalam ajang tersebut segera dikumpulkan. Menurut Ketua KONI Kota Pekalongan H Ricsa Mangkulla, semua cabang olahraga itu dikumpulkan guna mengetahui sejauh mana persiapan mereka. 

"Mereka yang diundang terdiri atas pelatih didampingi ofisial," ujar Risca. Ditambahkan, selama ini seluruh cabang olahraga sudah diberikan kepercayaan untuk menggelar trainning center (TC). Dengan pelaksanaan pemusatan latihan, yang mengetahui hasilnya yakni pelatih dan ofisial bersangkutan.

Karena itu, pelatih ofisial akan dimintai penjelasannya terkait keberadan dan kesiapan para atletnya. Selain kegiatan itu, pada 26 September pihaknya kembali menggelar uji VO2Max. Uji tersebut dilakukan untuk mengetahui volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia saat melakukan kegiatan yang intensif. 

"Melalui uji tersebut kebugaran masing-masing atlet akan diketahui sehingga jika hasilnya kurang bagus, secepatnya bisa diperbaiki," imbuh Ricsa. Sebelumnya, KONI Kota Pekalongan juga telah melakukan uji serupa. Hasilnya, tingkat kebugaran terhadap sekitar 162 atlet yang terjun di Porprov Jateng, merata. "Atlet yang berlaga di masing-masing cabang olahraga memiliki kebugaran yang bagus."

Optimistis
Lebih lanjut dijelaskan, tes tersebut supaya benar-benar diperhatikan oleh semua atlet. Harapannya, saat di ajang resmi nanti, mereka sudah siap bersaing dengan lawan-lawannya dan meraih prestasi maksimal. Jika hal itu dapat dilakukan dengan baik, target kontingen Kota Pekalongan untuk bisa masuk 10 besar akan tercapai. Ricsa menuturkan, dari seluruh cabang olahraga tersebut, diantaranya ada yang diandalkan meraih medali emas, seperti biliar yang selama ini selalu menyumbangkan medali emas bagi daerahnya. Dia berharap cabang-cabang olahraga lain juga dapat berbicara banyak di Porprov dan ikut mengumpulkan pundi-pundi medali untuk Kota Batik.

Meski Optimistis bisa meraih target, Ricsa minta kepada seluruh atlet tidak menjadi lengah. Mereka supaya melakukan persiapan supaya tidak mengecewakan ketika berlaga dicabang olahraga masing-masing. "Walaupun memiliki peluang untuk meraih medali emas, saya minta para atlet tetap rajin berlatih dan menjalani pemusatan latihan," kata RIcsa. (H4-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA 09-09-2013)

Tidak ada komentar: