Sabtu, 14 September 2013

Kopi Indonesia mendunia

Kopi Premium Indonesia Diminati Dunia

Bisnis.com,JAKARTA – Indonesia memiliki kopi jenis spesialti yang sudah dikenal di manca negara khususnya di  Eropa, Jepang, dan Amerika dan sejajar dengan kopi spesialti dunia lainnya. Kopi spesialti sendiri merupakan kopi kelas premium yang memiliki citarasa tinggi.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Irfan Anwar mengatakan Indonesia memiliki daerah-daerah penghasil kopi yang ”unik” yang jika dikelola dan diolah dengan baik akan menghasilkan kopi dengan citarasa spesifik.

“Kelebihan yang dimiliki perkebunan kopi di Indonesia adalah banyaknya varian yang dimiliki. Beberapa varian memiliki karakteristik yang sangat unik, jika ini dikelola dengan baik maka akan menghasilkan jenis kopi dengan citarasa yang tinggi atau kopi spesialty,” jelasnya, Kamis (12/9/2013).

Irfan menyebutkan beberapa varian kopi spesialty yang sudah terkenal di dunia antara lain Gayo Coffee dari Aceh, Mandheling Coffee dari Aceh, Java Coffee dari Jawa Timur, Toraja atau Celebes Coffee dari Sulawesi Selatan dan Luwak Coffee. Sementara itu, beberapa verian kopi spesialty yang mulai dikenal dunia antara lain Flores Coffee, Bali Coffee, Prianger Coffee dan Papua Coffee.

Tidak ada komentar: