Selasa, 24 September 2013

Duta Wisata Kota Pekalongan tahun 2013

Tomi dan Lita Duta Wisata 2013 

KOTA - Tomi Riski Prasetyo dan Norma Lita Gupita terpilih sebagai Juara 1 Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan tahun 2013, pada Grand Final yang digelar dihalaman eks rumah jabatan Bakorwil III di kawasan Jetayu, Kota Pekalongan, sabtu (21/9) malam. Keduanya berhak memperoleh hadiah berupa piala bergilir, piala tetap dan piagam penghargaan dari Walikota Pekalongan, serta uang pembinaan masing-masing Rp 5 juta. 

Serta, akan mewakili Kota Pekalongan dalam ajang Pemilihan Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun 2013. Sedangkan Rivan Santoso dan Intan Astria Permana meraih predikat juara II. Mereka masing-masing mendapat piala, piagam penghargaan, serta uang pembinaan Rp 3 juta. Sementara, Akmal Andika Budi Harjo dan Zanuar Kusumawaty Dwi Arimby meraih Juara III, sehingga berhak atas piala, piagam, serta uang pembinaan Rp 2 juta.

Untuk peraih Juara Harapan, masing-masing adalah Iqbal Amran Murba - Ajeng Ratna Ningrum sebagai juara Harapan I, Tejo Wrihatnoto - Ofida Yoshara sebagai Juara Harapan II, serta Beni Wijaya - Alin Julda Qonita sebagai Juara Harapan III. Adapun Aditya Nugraha Putra dan Salsabila Melia meraih predikat Juara Favorit. Para peraih juara Harapan maupun Favorit, semuanya memperoleh piala, piagam penghargaan, serta uang pembinaan masing-masing Rp 1,25 juta. 

Malam Grand Final diikuti oleh 24 peserta (12 pasang), masing-masing 12 Mas dan 12 Mbak, yang telah lolos sebagai finalis. Kemudian, Dewan juri menyaring menjadi enam besar (enam pasang). Sebelumnya, 24 finalis itu berhasil lolos tahapan seleksi yang diikuti 72 peserta. Pantauan Radar Pekalongan, malam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta WIsata 2013 berlangsung cukup meriah. Tata lampu, dekorasi, hingga musik ditata dengan menarik, meski berkonsep minimalis. Halaman gedung kuno yang dulunya menjadi rumah jabatan Kepala Bakorwil III, disulap menjadi eksotis.

Sejak awal acara, iringan orkes keroncong yang dibawakan siswa siswi SMA 2 Pekalongan yang tergabung dalam 'Orkesmaro' menambah semarak suasana. Deselingi acara hiburan musik oleh Zaskia & Friends. Kemudian, ada pula peragaan busana (fashion show) busana batik karya Eka Wahyu Prabowo yang dibawakan oleh para alumni Duta Wisata Kota Pekalongan yang tergabung dalam Adwika (Asosiasi Duta Wisata Kota Pekalongan). Event? tersebut dihadiri ratusan orang.

Selain sejumlah pejabat SKPD dilingkungan Pemkot Pekalongan, hadir pula sebagai tamu undangan perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, serta Kabupaten Pemalang. Turut hadir, Ketua DPRD Kota Pekalongan HM Bowo Leksono, Ketua KONI Kota Pekalongan H Ricsa Mangkulla, serta Ketua Dekranasda Kota Pekalongan Hj Balgies Diab. Hanya saja, Walikota maupun Wakil Walikota Pekalongan berhalangan hadir di event tersebut karena ada tigas yang tidak bisa ditinggalkan.

Dalam laporannya, Kepala Dishubparbud Kota Pekalongan Drs Doyo Budi Wibowo MM, menyatakan bahwa tema yang diambil dalam pemilihan Mas dan Mbak Duta? Wisata Kota Pekalongan tahun ini adalah 'muda, kreatif, dan berprestasi, "Tujuannya adalah untuk mencari figur? kepariwisataan untuk mengenalkan potensi dan sumberdaya pariwisata Kota Pekalongan di tingkat secara lebih luas lagi," jelasnya. Disampaikan, 24 finalis yang tampil di babak grand final sebelumnya tahapan seleksi ketat. 

Termasuk, tahap karantina selama dua hari. Antara lain diisi dengan audiensi dengan Walikota, kunjungan ke Radar Pekalongan, table manner di Hotel Horison Pekalongan, kunjungan ke Kampung Batik Pesindon, hingga pembekalan tentang public speaking, ngudi saliro ngudi busono, koreografi, dan kepariwisataan, bertempat di Museum Batik.

"Para juara diputuskan berdasar ranking saat seleksi dan final. Hadiah total pemilihan Duta Wisata ini mencapai Rp 30 juta. Sedangkan peraih Juara I Mas dan Mbak Duta WIsata Kota Pekalongan, berhak maju mewakili Kota Pekalongan dalam pemilihan Duta Wisata Provinsi Jateng," jelasnya. 

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Hj Balgies Diab, yang mewakili Walikota dr HM Basyir Ahmad, mengharapkan juara Duta Wisata tak hanya bisa mempromosikan dunia pariwisata Kota Pekalongan, sehingga Kota Pekalongan semakin dikenal sebagai salah satu kota destinasi wisata di Jawa Tengah. Melainkan juga harus bisa turut mempromosikan Kota Pekalongan sebagai Kota kreatif. "Karena Kota Pekalongan masuk sebagai salah satu nominator Kota Kreatif dunia baru Unesco. Maka industri kreatif di Kota Pekalongan harus juga dipromosikan," harapnya.

Sementara itu, peraih juara I Mas dan Duta Wisata Kota Pekalongan Tomi Riski Prasetyo, mengaku tak menyangka bisa menjadi juara pertama. Mahasiswa semenster akhir Jurusan Tehnik Informatika (TI) STIMIK Widya Pratama Pekalongan kelahiran Pemalang, 13 Maret 1993 ini merasa senang dan bangga. "Perasaannya senang, bangga dan saya akan berusaha menjalankan tugas sebagai Duta Wisata dengan sebaik-baiknya," ungkap putra tunggal Diki Rahmanto, yang beralamat di Jalan Permai No. 84 Perum Binagriya tersebut. Demikian pula yang disampaikan Norma Lita Gupita, atau yang akrab disapa Lita. Mahasiswi semester 3 jurusan TI di STIMIK Widya Pratama Pekalongan ini juga tak menyangka bisa menjadi juara pertama Mbak Duta WIsata Kota Pekalongan. (way)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 23-09-2013)

 

Tidak ada komentar: