Kamis, 19 September 2013

Ribuan pelamar CPNS terpusat pada 11 kota/kabupaten

Pelamar CPNS Membludak 

KOTA - Pengumuman lowongan CPNS Kota Pekalongan tahun 2013, sudah resmi diedarkan ke seluruh kantor SKPD, bahkan sampai ke tingkat kelurahan mulai senin (16/9). meski hanya menyediakan 50 formasi, lowongan CPNS diperkirakan akan menyedot pelamar hingga ribuan orang. 

Hal tersebut pada jumlah kota.kabupaten di Jawa Tengah yang menyelenggarakan penerimaan CPNS untuk tahun ini. Dari sebelumnya 12 daerah yang melakukan penerimaan CPNS maka di prediksi ribuan pelamar akan terpusat pada 11 kota/kabupaten tersebut, termasuk Kota Pekalongan.

Prediksi membludaknya pelamar sudah mulai terlihat pada hari pertama pengumuman pendaftaran. Dari pantauan radar, sejak pengumuman mulai ditempel di kantor BKD, ratusan orang silih berganti datang mencari informasi. bukan hanya dari dalam kota, tak sedikit dari mereka yang datang dari luar kota, seperti batang, Pemalang hingga Tegal. kabid Pengembangan dan jabatan pada BKD setempat, Nur Sobah Ssos MM menjelaskan, pengumuman pendaftaran CPNS mulai dilakukan pada senin (16/9), tepat pada pukul 12 siang. Pengumuman ditempel di seluruh kantor SKPD sampai ke tingkat kelurahan. Selain itu, pengumuman juga langsung dapat dilihat di Website Pemkot Pekalongan di alamat www.pekalongankota.go.id.

"Untuk waktu pendaftaran, akan dibuka mulai 20 hingga 30 September 2013 cap pos. Sementara untuk penerimaan berkas di BKS, paling lambat masuk pada tanggal 2 Oktober 2013," terangnya. Mengenai sistem pendaftaran dikatakan Nur Sobah, BKD memilih menggunakan sistem pendaftaran manual. Pasalnya, keputusan untuk menyerahkan penerimaan CPNS kepada masing-masing daerah oleh Gubernur, baru turun beberapa hari lalu. 

Waktu yang sempit tersebut membuat Pemkot tidak mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan pendaftaran secara online. "Jika online, banyak yang harus dipersiapkan mulai dari aplikasi, SOP sampai juknis sendiri. Namun untuk formulis pendaftaran tetap harus diunduh melalui web. Kemudian diisi menggunakan tulisan tangan dan dikirim melalui surat," ucapnya lagi.

Sebanyak 50 formasi yang tersedia seluruhnya diperuntukkan untuk formasi guru dengan jenis guru kelas, dan guru produktif yang akan ditugaskan pada sekolah kejuruan. Untuk guru kelas terdapat alokasi 35 orang. guru perhotelan 1 orang, guru administrasi perkantoran 1 orang, guru teknik pembuatan benang 2 orang, guru teknik kain 3 orang, guru teknik penyempurnaan tekstil 2 orang, guru produktif perikanan 1 orang, dan guru produktif listrik elektro 1 orang. Sementara untuk penyelenggaraan test, direncanakan akan digelar secara? serentak di seluruh daerah pada 3 november 2013 untuk test CPNS umum dan CPNS dari honorer K2. Terkait agenda tersebut, pihaknya juga sudah mengirimkan surat ke beberapa sekolah untuk meminjam ruangan guna penyelenggaraan test. (nul)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN,17-09-2013)

 

Tidak ada komentar: