Kamis, 12 September 2013

Terobosan-terobosan Kota Pekalongan dalam meraih adipura kelima

SKPD Diminta Buat Terobosan

PEKALONGAN - Walikota M Basyir Ahmad kembali melantik sembilan pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemkot, di ruang kalijaga Setda, (9/9). Pada acara itu, ia meminta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membuat terobosan-terobosan agar Kota Pekalongan dapat meraih adipura kelima atau adipura kencana tahun depan. 

Secara khusus, ia meminta kepada Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) yang baru saja dilantik, Slamet Budiyanto, untuk memperkuat tim adipura agar Kota Pekalongan dapat meraih adipura. "Piala Adipura Kencana sudah di depan mata. Sulit memang, tapi kalau kita bekerja keras dan membuat terobosan-terobosan yang canggih, Piala Adipura Kencana akan dapat kita raih," ujarnya.

Salah satu terobosan yang telah dilakukan Pemkot untuk meraih Piala Adipura Kencana yakni beralih menggunakan produk-produk hemat energi dan ramah lingkungan. "Saya sudah mengedarkan surat kepada SKPD-SKPD untuk mengganti lampu di ruangan rapat dengan lampu LED (Light Emiting Diode)," kata Walikota.

Koordinasi
Penggunaan LED nantinya diharapkan tidak hanya di ruang rapat di masing-masing SKPD, namun pada 2014 nanti diperluas di semua ruang SKPD, dan di rumah kepala SKPD. Menurut dia, dengan mengganti lampu yang hemat energi dan ramah lingkungan akan mendongrak nilai adipura sehingga Kota Pekalongan nantinya bisa meraih Adipura Kencana. Selain itu, ia juga meminta kepada SKPD-SKPD untuk menjalankan pemilahan sampah 3R (reduce, reuse dan recycle). Sementara itu, Kepala KLH yang baru diminta segera berkoordinasi dengan tim Adipura.

Slamet Budiyanto merupakan satu dari sembilan pejabat yang dilantik hari itu. Pejabat lainnya yakni Yos Rosyidi yang selama ini menjabat sebagai Camat Pekalongan Utara, dilantik menjadi Kepala Satpol PP menggantikan Muanas Budi Setyono yang tengah sakit. Selain itu, Herri Setianto dilantik sebagai kabid Kelautan Dinas Peternakan, pertanian dan Kelautan (DPPK), lili Sulistiyawati sebagai Kabid perikanan DPPK, Puji Winarti sebagai kabid Promosi dan Pemberdayaan Dinas Kesehatan. (K30-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 10-09-2013)

Tidak ada komentar: