Jumat, 13 September 2013

Program mandiri anak yatim dan bunda yatim

Pengelolaan Dana Sosial Untuk memandirikan Anak Yatim 

PEKALONGAN - Yayasan Yatim Mandiri menyiapkan berbagai program untuk memandirikan anak yatim dan bunda yatim melalui pengelolaan dana sosial masyarakat berupa zakat infak, sedekah dan wakaf, baik perseorangan, lembaga, institusi maupun perusahaan. "Kami ingin bermanfaat bagi anak yatim dan kaum duafa, serta bunda yatim. Kami berupaya memandirikan anak yatim dan janda duafa melalui dana zakat, infak, sedekah dan wakaf dari berbagai program pendidikan dan ekonomi," kata Branch Manager Yatim Mandiri cabang Pekalongan, Saiful Aziz, (8/9).

Program pendidikan tersebut antara lain beasiswa prestasi (bestari), duta guru serta Insan Cendekia Mandiri (ICM). Dijelaskan, Bestari bertujuan memberikan bantuan biaya untuk mendukung pendidikan anak-anak yatim duafa tingkat SD, SMP dan SMA. Selain bantuan biaya pendidikan bagi anak-anak yatim berprestasi baik akademik maupun non akademik, juga akan mendapatkan beasiswa pendidikan.

Pengajaran Alquran
"Melalui program ini, mereka juga akan mendapatkan materi pembinaan dan motivasi melalui kegiatan-edukatif untuk pengembangan life skill yang mendorong anak menjadi mandiri. Bantuan biaya pendidikan dan beasiswa prestasi diberikan setiap semester," imbuh Saiful, Sementara duta guru yakni program pengiriman guru Alquran ke panti asuhan mitra guna memberikan pengajaran membaca Alquran kepada anak-anak yatim asrama agar mereka dapat membaca Alquran dengan benar dan lancar.

Selain pembelajaran Alquran, lanjut dia, anak-anak juga mendapatkan materi pembinaan ke-Islaman sehingga anak tidak hanya menjadi mandiri tetapi juga menjadi anak yang saleh. Program ICM berupa program pendidikan formal gratis dan berkualitas untuk anak-anak yatim berprestasi setingkat SMP dan SMA yang menitikberatkan pada pembinaan ke-Islaman, kepemimpinan dan prestasi akademik siswa. (K30-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 11-09-2013)

 

Tidak ada komentar: