Kamis, 26 September 2013

Program MBR PDAM di Kota Pekalongan

Tiga Daerah Manfaatkan Sungai Sengkarang 

PEKALONGAN - Guna mencukupi kebuthan air bersih, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang merencanakan kerja sama mengolah air Sungai Sengkarang untuk dijadikan air bersih PDAM.

 "Dalam kerja sama itu, Kota Pekalongan akan mendapatkan tambahan air bersih dengan debit 150 liter/detik. Proyek air bersih itu akan dilakukan mulai tahun 2013 hingga 2014," kata Kabag Hubungan Pelanggan Murip Solichin SE menjelang pengundian berhadiah pada pelanggan air minum, pelanggan listrik dan pelanggan telepon yang membayar rekening lewat 12 loket. 

Kupon itu berlaku untuk pembayaran rekening bulan Maret - Agustus 2013. Pelanggan yang membayar tepat waktu mendapatkan hadiah motor Revo, dan 34 macam alat-alat elektronik lainnya. Undian itu dilakukan di halaman PDAM.

Program MBR
Menurut dia, dengan tambahan debit 150 liter/detik. itu, maka pihaknya akan menutup beberapa seumur bor. Ini dilakukan karena penggunaan sumur bor sangat boros. Selain itu, juga menyebabkan resapan air laut masuk ke daerah perkampungan. Karena itu, kebijakan sumur bor akan diupayakan seminimal mungkin. Murip menjelaskan, jumlah pelanggan PDAM di Kota Pekalongan mencapai 20.485 orang. Jumlah ini akan bertambah terus seiring dengan program pemasangan jaringan air bersih diwilayahnya dengan program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dalam prgram MBR yang bekerja sama dengan Australia, itu dijatah 1.000 pelanggan baru dengan biaya pemasangan Rp 350.000 yang diangsur selama 10 kali. Program ini ternyata menarik masyarakat sehingga pendaftarnya melebihi target, yakni 1.221 orang. Dari sejumlah pendaftar itu, semua dilayani. Bahkan, dalam upaya menambah pelanggan, tahun 2014 nanti juga akan ada program MBR untuk 2.00 sambungan. 

"Kita tidak perlu khawatir kekurangan cadangan air bersih, karena sampai sekarang ini masih ada sekitar 35% debit air yang belum digunakan. Dengan demikian, tambahan 2.000 sambungan itu tak akan menambah masalah baru," tegasnya. (A15-24)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 26-09-2013)

 

Tidak ada komentar: