Selasa, 17 Juli 2012

Canting Pekalongan

Canting Pekalongan Juara 1 Suvenir Se-Jateng 

PEKALONGAN – Belum lama ditetapkan sebagai suvenir khas daera, canting buatan perajin Kota Pekalongan menuai prestasi dan berhasil mengantongi juara pertama dalam perlombaan suvenir Jateng. “Ini artinya Pemprov Jateng mengakui minitaur canting cap Kota Pekalongan sebagai produk unggulan,” ujar Staf Bidang Perekonomian Kota Pekalongan Esti Komah Susana, kemarin.


Ia mengungkapkan, canting khas Kota Pekalongan berhasil menyisihkan 95 peserta dari berbagai daerah di Jateng. Pembuatannya unik karena menggunakan tangan yang sarat nilai filosofi, seni dan sejarah tinggi serta ramah lingkungan, berhasil memikat hati dewan juri.
Sebelum diajukan ke perlombaan, canting mendapat seleksi ketat dari Pemkot Pekalongan yang kemudian dikirim sesuai petunjuk teknis yang telah ditetapkan. Rencananya, hadiah akan diberikan pada tanggal 15 Agustus 2012 mendatang atas nama Slamet Diono. “Pemerintah daerah akan berupaya mendorong potensi yang ada untuk meningkatkan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.
Semakin Tumbuh
Sementara Ketua Paguyuban Canting Sekar Jagad Kota Pekalongan Faisol Reza mengaku, bangga canting telah menuai prestasi di Jateng. Keberhasilan tersebut, membuat semangat perajin semakin tumbuh untuk selalu berinovasi dalam melestarikan warisan budaya.
“Canting sebagai pendukung utama pembuatan batik, tidak kalah penting dalam pelestarian budaya di Indonesia. Saya berharap, pemerintah membantu mempromosikan dan serius membina serta mengembangkannya,” harapnya. (H79-90)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 09-07-2012)

Tidak ada komentar: