Jumat, 27 Juli 2012

Kiprah sanggar Rahayu Raras Kota Pekalongan

  • Bagi Anak Putus Sekolah

PEKALONGAN – Kiprah sanggar Rahayu Raras Kota Pekalongan dalam pengembangan seni gamelan mendapat perhatian pemerintah pusat, yakni untuk melaksanakan program belajar gamelan gratis bagi remaja, terutama mereka yang putus sekolah. Hal itu dikatakan Pimpinan Rahayu Raras, Karya Budiman kemarin. Menurutnya, Rahayu Raras diberikan kesempatan oleh Pemerintah Pusat untuk ikut melestarikan budaya daerah dalam program Pendidikan Masyarakat (Dikmas)

Dikmas yang akan dilaksanakan Rahayu Raras gratis bagi remaja di Kota Pekalongan, terutama bagi mereka yang putus sekolah. Namun dari kalangan warga mampu yang ingin mengikuti program ini kami persilahkan, “katanya. Sebab untuk pelestarian keaksaraan berbasis budaya lokal, lanjut dia, tidak perlu ada pembatasan lantaran dari kalangn anak-anak, remaja hingga dewasa perlu mengenal budaya lokal, khususnya gamelan yang sudah menjadi sebuah kesenian kurang diminati remaja.



Mendaftar
melalui pogram itu, Karya Budiman yang juga anggota DPRD dari PDIP itu menyatakan, pihaknya akan memberikan pengenalan dan pendalaman materi gamelan, sehingga dalam waktu empat bulan, sudah bisa mahir. “Dengan mahir tersebut, gamelan akan menjadi sebuah musik yang digemari remaja, karena konser musik yang tidak kalah dengan musik-musik luar negeri adalah gamelan, bahkan di Amerika Serikat sekarang ini sudah banyak kelompok seni gamelan dan belajar dari Indonesia,”tandas dia.

Karena itu, dengan batasan 25 peserta belajar gratis tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama bagi generasi muda untuk benar-benar melatih kemampuan serta kecintaan terhadap kesenian-kesenian adhiluhung bangsa. “Silahkan untuk yang akan mendaftar bisa langsung ke Radio Blazing Pekalongan dengan pak Arif Sudarmadi, Jalan Belimbing. Semuanya akan dilayani dengan baik nserta didaftar sebagai kelompok belajar sesuai dengan kapasitas,” jelas Karya Budiman.

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 04.07.2012)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

blazing radio itu mana? saya pengin ikutan daftar