Rabu, 18 Juli 2012

MOS - Masa Orientasi Sekolah di SMK Yapenda 1 Kedungwuni

MOS Tanpa Perpeloncoan, Tanamkan Karakter Disiplin

PEKALONGAN - SMK Yapenda 1 Kedungwuni melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) dengan mengedukasi peserta didik baru, melalui penanaman karakter untuk berdisiplin dengan rasa gembira. Bukan dengan perpeloncoan atau tindak kekerasan yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi siswa baru.
 
Kepala Sekolah SMK Yapenda 1 Kedungwuni, Agus Nowo Edy, saat ditemui di kantornya, kemarin mengatakan, memasuki MOS untuk hari pertama, pihaknya sudah memberikan imbaun kepada panitia atau guru untuk tidak melakukan perpeloncoan apalagi tindak kekerasan. Namun MOS diisi dengan dengan pengenalan lingkungan sekolah secara fun, humanis dan edukatif.

"Saya sudah memberikan imbauan tidak melakukan perpeloncoan saat MOS kepada para peserta didik baru. Namun kita memberi nilai edukasi dalam kegiatan itu supaya siswa baru lebih mengenal sekolah," kata dia.

MOS dilaksanakan dengan kegiatan positif dengan tujuan untuk pengenalan sekolah. Adapun bentuk materi disampaikan, pengenalan sekolah dengan wawasan wiyata mandala dan etika budi pekerti, proses pembelajaran, pemilihan jurusan serta ketertiban hak dan kewajiban siswa. Pengenalan ekstrakurikuler yang dilandasi prinsip pengembangan pendidikan karakter, seperti menumbuhkan rasa tanggung jawab, disiplin, dan beretika. "Namun kalau masih ada guru yang melanggar maka akan kita beri sanksi berupa teguran," terangnya.

Dikatakan, untuk pelaksanaan MOS kali ini berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 130 siswa meliputi 5 kelas dengan tiga jurusan yakni TKJ, Akuntasi dan Pemasaran. Usai pelaksanaan MOS mereka akan mengikuti KBO. "Dalam KBO siswa akan diajarkan dengan kegiatan bakti sosial dengan membagikan barang-barang kepada warga sekitar yang membutuhkan. Sehingga kelak mereka menjadi siswa SMK Yapenda 1 Kedungwuni akan menerapkan dilingkungan masing-masing untuk saling membantu," kata dia, seraya menambahkan untuk kelulusan tiga tahun berturut-turut siswa lulus seratus persen.

Ketua Panitia MOS, Fairusabadi menambahkan bahwa dalam MOS, siswa akan diajarkan sifat disiplin, dengan menerapkan nilai karakter kepribadian siswa.

"Kita ajarkan disiplin, bersih bermoral dan penuh kekeluargaan yang bersifat gembira," tambah dia. (yon) 
sumber:http://www.radartegal.com/index.php/MOS-Tanpa-Perpeloncoan-Tanamkan-Karakter-Disiplin.html

Tidak ada komentar: