Sabtu, 14 Juli 2012

Pemkot Pekalongan Diminta Tingkatkan Pelatihan Untuk PAUD

Semakin bertambahnya jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di wilayah Kota Pekalongan yang kini jumlahnya mencapai 176 unit, belum dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas lembaganya.

Pegiat PAUD setempat Erna Meilina menjelaskan peningkatan kualitas PAUD kini menjadi Pekerjaan Rumah yang cukup berat bagi Pemkot. Terutama mengenai ketepatan metode pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini tersebut.


Erna mengungkapkan tahapan pencapaian perkembangan setiap anak harus menjadi perhatian utama, dan hal ini biasanya terabaikan oleh pendidik maupun orang tua anak.
Ada dua hal yang menjadi perhatian agar kualitas PAUD ini dapat meningkat yaitu pemberian edukasi tenaga pendidiknya dan juga sekaligus mengedukasi ke orang tua anak, sehingga dapat dijalankan metode pembelajaran yang tepat untuk anak-anaknya.

PAUD yang ada di setiap RW ataupun kelurahan masih minim dalam memberikan pelayanan kepada anak didik namun untuk menghentikan bertambahnya PAUD ini, agak sulit karena angka partisipasi dari masyarakat masih cukup tinggi.
Pemkot diharapkan lebih banyak memfasilitasi pelatihan-pelatihan untuk tenaga pendidik PAUD, karena selama ini pelatihan masih sangat minim dan masih mengandalkan bantuan dari Pemerintah Provinsi maupun dari Pusat.
sumber:www.radiokotabatik.net

Tidak ada komentar: