Kamis, 05 Juli 2012

Info Jateng


Desa Mentosari Kab. Batang dan Kelurahan Tanjung Kab. Banyumas Menangi Lomba Tingkat Jawa Tengah 2012

Semarang, Bersadarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah Nomor 414.4/57 Tahun 2012 tanggal  14 Juni 2012  tentang pemenang perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Tengah TH 2012 ditetapkan Juara I adalah Desa Mentosari Kecamatan Gringsing Kab. Batang, Juara II Desa Nglebak Kec. Tawangmangu Kab. Karanganyar dan Juara III Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kab. Demak. Dan Juara Harapan I  diraih Desa Putat Kab. Grobogan, Harapan II Desa Gemawang Kab. Semarang dan Harapan III Desa Pucung Rejo Kab. Magelang.
 
Sedangkan untuk tingkat kelurahan, Juara I diraih Kelurahan Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kab. Banyumas, Juara II Kelurahan Gayamsari Kec. Gayamsari Kota Semarang dan Juara III Kelurahan Dukuh Kecamatan Sukoharjo Kab. Sukoharjo.

Kepada desa/kelurahan yang berhasil meraih juara I,II dan III maupun  harapan I,II dan III akan diberikan pengahargaan berupa piagam dan trophy Gubernur Jawa Tengah serta hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 17 juta s/d Rp. 12 juta.

Khusus bagi desa/kelurahan yang meraih juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah dipersiapkan untuk mengikuti pelaksanaan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional dan diberi kesempatan untuk mengikuti acara kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta yang diselenggarakan oleh direkktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat kementerian Dalam Negeri.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa melaksanakan kegiatan Perlombaan Desa/Kelurahan rutin setiap tahunnya. Perlombaan dilakukan sebagai upaya menumbuh kembangkan masyarakat desa/kelurahan melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan.
 
Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah tersebut, agar pemberdayaan masyarakat dapat berlangsung sesuai dengan makna pemberdayaan masyarakat maka pelaksanaan, perencanaan serta pemanfaatan hasil program pembangunan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

Kegiatan perlombaan desa/kelurahan diadakan rutin setiap tahun dengan tujuan mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat dan desa/kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri. Untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan desa/kelurahan  selama kurun waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kualitas kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, keamanan dan ketertiban. Dan untuk menetapkan desa/kelurahan yang berprestasi dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat.
 
Perlombaan Desa/Kelurahan Tahun 2012 telah dilaksanakan mulai bulan Mei 2012 dengan  runtutan kegiatan mulai dari  pendaftaran, seleksi administrasi, verifikasi data kemudian menentukan nominasi katagori Desa/ kelurahan dan pada akhirnya dilakukan penilaian oleh Tim Provinsi.
Sumber:www.jatengprov.go.id

 

Tidak ada komentar: