Senin, 02 Juli 2012

Kabar dari Jateng

Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih juara umum pada Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke 20 tahun 2012 di Bandung Jawa Barat. Juara kedua diraih oleh Tim LKS dari DKI Jakarta, dan Juara ketiga diraih oleh Tim LKS dari Jawa Timur. Perolehan jumlah medali Tim LKS Jawa Tengah adalah : 14  medali emas, 9 medali perak, 5 medali perunggu, sedangkan perolehan medali Tim LKS DKI Jakarta adalah :  10 medali emas, 15 medali perak, dan 10 medali perunggu. Perolehan medali oleh Tim LKS Provinsi Jawa Timur dengan 7 medali emas, 9 medali perak dan 12 medali perunggu.
Lomba yang diselenggarakan sejak tanggal 18 sampai dengan 22 Juni Tahun 2012 di Bandung Jawa Barat dan dibuka langsung oleh Mendikbud RI, Muhammad Nuh tersebut diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia dengan melombakan 50 cabang mata lomba, di antaranya :
 
Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEANSkills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan propinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

 
 
Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.


Atas keberhasilan LKS Tahun 2012 ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Kunto Nugroho HP, M.Si, menyatakan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, atas kemenangan sebagai juara umum yang diraih oleh Tim LKS SMK Jawa Tengah, disamping ucapan terima kasih yang tulus kepada segenap insan pendidikan di Jawa Tengah,  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beserta jajarannya serta seluruh masyarakat Jawa Tengah beserta seluruh elemen-elemennya, atas dukungan moril dan spirituilnya.


Kemenangan yang diraih oleh Tim LKS Jawa Tengah merupakan perjuangan yang berat, karena masing-masing Tim LKS SMK dari provinsi lain mengikuti kompetisi tahunan ini dengan persiapan yang cukup matang. Terkait dengan LKS SMK yang akan datang.
Kadinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menyatakan akan menyiapkan segala sesuatunya lebih matang lagi, agar kemenangan sebagai juara umum yang diraih oleh Provinsi Jawa Tengah diperoleh dengan jumlah medali/penghargaan yang lebih banyak dibanding perolehan di tahun 2012 ini.   
sumber:www.jatengprov.go.id 

Tidak ada komentar: