Jumat, 31 Mei 2013

PT Kereta Api Indonesia akan tambah kereta lebaran

PT KAI Tambah Kereta Lebaran

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal menambah perjalanan kereta api dengan mengoperasikan kereta api tambahan lebaran. Penambahan kereta ini guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan angkutan lebaran.
 
Menurut Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, kereta api tambahan lebaran yang akan dioperasikan diantaranya KA Argo Lawu Lebaran (eksekutif) jurusan Solo- Gambir pp, KA Gajayana Lebaran (eksekutif) jurusan Malang- Gambir pp, KA Purwojaya Lebaran (bisnis) jurusan Pasarsenen  - Cilacap pp dan KA Sawunggalih Lebaran (bisnis) jurusan Pasarsenen - Kutoarjo pp.

"KA Purwojaya Lebaran akan dioperasikan pada masa pra Lebaran (mudik) dan KA Sawunggalih Lebaran akan dijalankan pada purna Lebaran (arus balik)," katanya.

Sedangkan untuk tujuan Bandung, sambung dia, akan dioperasikan KA Lodaya Lebaran Siang dan KA Lodaya Lebaran Malam (eksekutif dan bisnis), masing- masing untuk tujuan Solo - Bandung pp.

Lebih lanjut Surono mengemukakan, tiket untuk kereta api tambahan lebaran tersebut akan dijual pada 1 Juni 2013. Seperti tiket KA reguler, tiket KA Lebaran ini juga bisa dibeli melalui beberapa mitra reservasi tiket PT KAI baik online maupun gerai.

Jumlah tiket untuk kereta api tambahan lebaran komersial yang disediakan sebanyak 4.300 tiket per hari. Jumlah tersebut terdiri dari 2.300 tiket kelas eksekutif dan 2.000 tiket kelas bisnis.

1.250 Tiket

Secara rinci setiap harinya PT KAI akan menyediakan sebanyak 1.250 tiket masing- masing dari arah Jakarta ke tujuan Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, Solo dan Malang serta sebaliknya ke arah Jakarta dari daerah-daerah tersebut.

Sedangkan dari Bandung kearah Yogyakarta dan Solo serta sebaliknya, kata Surono setiap hari akan disediakan 900 tiket kereta api tambahan kelas komersial, terdiri dari 400 tiket kelas eksekutif dan 500  tiket kelas bisnis.

Selain kereta api Lebaran kelas komersial, PT KAI juga akan menjalankan KA Tambahan Lebaran nonkomersial.

Tambahan kereta api ini yang rencananya akan dijalankan antara lain KA Bengawan jurusan Solokota- Tanjungpriuk pp, KA Kutojaya Utara Lebaran jurusan Kutoarjo- Pasarsenen pp, KA Kutojaya Selatan Lebaran jurusan Kutoarjo- Kiaracondong pp, dan KA Pasundan Lebaran jurusan Surabaya Gubeng- Kiaracondong pp.

"Untuk tiket KA Lebaran nonkomersial akan dijual mulai 20 Juni 2013," terang Surono.

( Puji Purwanto / CN33 / SMNetwork
sumber

Tidak ada komentar: