Jumat, 24 Mei 2013

Olimpiade Sains Nasional (OSN), Tiga Siswa Pekalongan Raih Medali

Tiga Siswa Pekalongan Raih Prestasi OSN  

PEKALONGAN – Tiga dari 31 siswa SMP se-jawa Tengah yang berhasil meraih prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Batam, Kepulauan Riau, 15-21 Mei lalu merupakan pelajar SMP di Kota Pekalongan. 

Ketiga siswa berprestasi tersebut yakni Kwee Lung Sin, siswa SMP Pius yang menyumbang medali perak dalam bidang matematika. Selain itu Agustina Rosi Divina, siswa SMP 6 Pekalongan, meraih medali perunggu dalam bidang IPS, dan Iffah Nabilah, siswa SMP 4 Pekalongan meraih medali perunggu dalam bidang biologi.

Iffah dan Divina mengatakan, sukses yang diraihnya tidak lepas dari ketekunannya dalam belajar. Menurut Iffah, ia selalu belajar setiap malam dan sebelum subuh. Selain itu, setiap Senin ia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler biologi di sekolah. Adapun pada Rabu, ia datang ke rumah guru biologi untuk memperdalam pengetahuannya.


Meskipun berada di daftar siswa Jawa Tengah yang berprestasi di tingkat nasional, Iffah mengaku belum puas. “Senang, tapi belum puas,” ujar dia sebelum bertemu Walikota M Basyir Ahmad untuk menyampaikan kabar gembira tersebut. Saat ini, ia tengah menyiapkan diri untuk meraih pretasi yang lebih tinggi dalam The International Junior Science Olympiad (IJSO) yang akan diselenggarakan di India pada Desember mendatang.

Sementara itu Kung Sin mengaku tidak selalu belajar setiap hari. “Kala sempat saja,” ungkap dia. Namun, orang tuanya selalu mendorongnya untuk berprestasi, antara lain dengan memanggil guru dan dosen untuk mendampinginya belajar matematika. Kemarin, ketiga siswa berprestasi tersebut didampingi orang tua, guru pendamping, kepala sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Agust Marhaendayana serta Kabid Pendidikan Menengah dan Kesetaraan Dindikpora Soeroso, bertemu Walikota di ruang kerjanya.
Memfasilitasi

Walikota mengaku bangga melihat siswa-sswa Kota Pekalongan berhasil menguntai prestasi di tingkat nasional. “Sangat membanggakan, Kota Pekalongan mempunyai siswa-siswa berprestasi di tingkat nasional,” kata Walikota. Pihaknya berjanji akan memfasilitasi ketiga siswa berprestasi tersebut untuk mencapai cita-cita mereka. “Mereka ingin kuliah dimana? Akan kami fasilitasi agar cita-cita mereka tercapai,” tandas Walikota.

Sementara itu, ia meminta kepada Dindikpora Kota Pekalongan untuk terus mendampingi mereka dan menuliskan pengalaman mereka mengukir prestasi di tingkat nasional agar bisa ditransfer kepada siswa-siswa yang lain. Sehingga nantinya akan muncul siswa-siswa berprestasi ebih banyak lagi dari Kota Pekalongan. (K30-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 23-05-2013)

 

Tidak ada komentar: