Senin, 27 Mei 2013

Pekan Seni Tingkat Kabupaten Pekalongan

LOMBA SENI SEBAGAI UPAYA PERKOKOH JATI DIRI BANGSA 

KAJEN – Pembangunan manusia seutuhnya melalui pembinaan dan pengembangan kreatifitas seni merupakan salah satu upaya yang cukup efektif dalam memperkokoh jati diri bangsa yang cinta tanah air.  

Sejalan dengan program tersebut, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan menjabarkannya melalui lomba seni yang digelar dalam rangka Pekan Seni Pelajar Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini dillaksanakan selama 2 hari (27 dan 28 Mei 2013) dan diikutl oleh peserta didik yang masih aktif sebagai siswa pada tingkat sekolah/UPT yang diwakilinya. Atau untuk SMP bisa diikuti oleh kelas VII dan VIII, sementara untuk tingkat SMA/SMK oleh siswa kelas X dan XI.

Ketua Panitia, Safri Dwiyanto yang juga Kasi Seni Budaya Dindikbud Kab.Pekalongan mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk menumbuhkembangkan rasa kebangsaan yang cinta terhadap seni budaya bangsa sendiri, membina kedisiplinan serta tanggung jawab di kalangan peserta didik, serta untuk menumbuhkembangkan jiwa kebersamaan antara peserta didik dan guru kesenian. 

“Kegiatan ini juga untuk menciptakan sarana berkreasi dan berapresiasi serta meningkatkan prestasi siswa di bidang seni budaya,” jelasnya.



Lebih lanjut Safri mengatakan bahwa teknis pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, kemudian ke tingkat Kabupaten.

 “Selanjutnya para juaranya akan maju mewakili Kabupaten Pekalongan ke tingkat Eks. Karesidenan Pekalongan yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Pemalang pada tanggal 26 Juni mendatang,” tambah Safri.

Adapun materi seni yang dilombakan meliputi berbagai macam cabang seni. Untuk tingkat SD meliputi 5 cabang seni yaitu seni tari, seni lukis, seni mocopat, seni karawitan dan menyanyi tunggal. 

Sementara untuk tingkat SMP ada 4 cabang yaitu seni tari, seni lukis, seni mocopat dan menyanyi tunggal, dan untuk tingkat SMA, materi yang dilombakan adalah seni tari, seni lukis poster dan vocal grup.

 Ditambahkan Safri, kegiatan lomba berbagai seni ini dilaksanakan di lima tempat yang berbeda antara cabang seni yang satu dengan lainnya. Masing-masing tersebar di Gedung Pemuda, Gedung KPRI Giat Kajen, SMA I Kajen, UPT Dindik Kajen dan Gedung Kesenian Kajen. (451h).
Sumber : Bag. Humas Setda Kab. Pekalongan
Editor    : Nd. Kominfo

 

Tidak ada komentar: