Rabu, 29 Mei 2013

Lahan TRM (BUMN) akan dibangun komplek pasar ikan

Bangun Pasar Ikan, Pemkot Sewa Lahan BUMN 

PEMKOT Pekalongan berniat menyewa lahan milik BUMN di kawasan Panjang Wetan guna pembangunan komplek penjualan hasil perikanan. Diperkirakan izin itu sudah bisa keluar akhir bulan ini. Sehingga Pemkot bisa segera melakukan pembangunan disana. 

“Kami melihat lokasinya sangat strategis. Karena disana dekat dengan laut, dekat dengan TPI dan juga aktifitas yang terkait dengan perikanan. Sehingga, akan sangat tepat jika dijadikan komplek penjualan hasil perikanan. Selain itu, saat ini lahan disana hanya dibiarkan mangkrak tidak digunakan,” jelas Walikota Pekalongan, dr HM Basyir Ahmad.

Pemkot juga sudah melakukan konsultasi dengan Menteri BUMN, Dahlan Iskan terkait penggunaan lahan yang juga disebut lahan TRM tersebut. Pembangunan komplek pasar ikan menjadi pilihan terbaik. 

“Nantinya, kami akan bangun pasar ikan, komplek kuliner perikanan, dan segala kebutuhan yang terkait dengan industri perikanan akan kami pusatkan disana dalam satu kawasan,” bebernya. Saat ini dikatakan Walkot, pihaknya memang sementara akan menyewa terlebih dahulu karena untuk membeli di perlukan anggaran yang cukup banyak.

Namun tidak menutup kemungkinan setelah area tersebut berkembang, dan menghasilkan pemasukan bagi Pemkot, maka akan dilakukan langkah pembelian. “Pilihannya membeli atau menyewa, untuk saat ini kami menyewa karena belum ada anggaran untuk membeli,” ucapnya lagi.

Sementara untuk pembangunannnya, saat ini pihak Pemkot sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,1 M guna pembangunan tahap awal. Akan tetapi, kedepan pengembangan kawasan penjualan hasil perikanan tersebut akan terus dilakukan, sehingga seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi. 

Lahan TRM itu mempunyai luas 8 hektar, 3 hektar diantaranya saat ini disewa oleh Blue Sea Industri untuk pabrik pengolahan hasil perikanan. Sementara 5 hektar sisanya dibangun perumahan yang justru mangkrak. Sehingga menurut kami akan sangat baik jika komplek tersebut dapat dimanfaatkan,” pungkasnya. (nul)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 28-05-2013)

 

Tidak ada komentar: