Selasa, 14 Mei 2013

TMMD Sengkuyung I TA 2013 di Desa Sengare Kecamatan Talun

TMMD Diharap Sentuh Perbaikan Hidup Masyarakat di Daerah 

KAJEN – Bertempat di lapangan desa Sengare Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Selasa (14/5) pagi tadi berlangsung Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I TA 2013. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Perwira Penghubung Kodim 0710/Pekalongan. Upacara dihadiri oleh perwakilan unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD), Para Kepala SKPD, dan beberapa Camat di wilayah Kabupaten Pekalongan. serta camat desa setempat Suprapto.

 Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Pramono Edhie Wibowo dalam sambutannya yang dibacakan Perwira Penghubung Kodim o710/Pekalongan Mayor Arm. Sudarno, mengungkapkan bahwa dalam konteks kepentingan pembangunan.

Program TMMD merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatkan akselerasi pembangunan desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional.



Kasad berharap kegiatan TMMD ini betul-betul dapat menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat di daerah sehingga roda perekonomian semakin membaik. “Melalui pembangunan secara terpadu, mudah-mudahan hasil yang dicapai dalam kegiatan ini dapat dirasakan masyarakat sekitar”, harapnya.

Lebih lanjut Kasad menjelaskan bahwa TMMD ke 90 ini dilaksanakan di 61 wilayah Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia dengan sasaran fisik dan non fisik. 

“Sasaran fisik ditujukan pada pembangunan berbagai sarana infrastruktur masyarakat di wilayah, sementara sasaran non fisik dimaksudkan untuk menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan, dan semangat nasionalisme yang sangat penting bagi kepentingan pertahanan Negara,” jelasnya.

Menurut Kasad yang juga Penanggungjawab Operasional TMMD ini, ada beberapa hal yang harus dipedomani para prajurit di lapangan. Diantaranya dijelaskannya bahwa penugasan ini merupakan suatu kehormatan bagi prajurit TNI. Oleh karenanya beliau berharap TNI melaksanakannya secara professional, penuh keikhlasan dan penuh tanggungjawab.  

“Bangun solidaritas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI serta antara Prajurit dengan Polri, aparat Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya,” imbuh Edhie.

Dihadapan peserta upacara yang terdiri dari anggota Kodim 0710/Pekalongan, Brimob, Polres Pekalongan, Satpol PP, Linmas Inti, PGRI dan PNS Kab.Pekalongan serta masyarakat desa setempat ini, Kasad melalui Pabung Kodim 0710/Pekalongan juga berpesan agar prajurit TNI dapat menjadi contoh, sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dalam membangun daerahnya menuju kemandirian serta kepatuhan terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku. 

“Hormati dan pahami adat istiadat dan budaya setempat, lakukan komunikasi secara positif dengan masyarakat. Manfaatkan segala dukungan secara maksimal, efektif dan efisien agar penyelenggaraan TMMD dapat berhasil serta berdaya guna sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan,” tambahnya mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Perwira Kotis Dandim 0710/Pekalongan Kapten Inf Bambang Kalisno dalam laporannya mengungkapkan sasaran fisik program TMMD yang dikerjakan adalah pembuatan jalan rabat beton dengan volume 1.050 M x 2 M dan pembuatan 2 unit gorong-gorong 0,4M x 3M, pembangunan deker plat beton dengan volume 0,80 m x 1 m x 3 m, serta pembangunan got 0,20 m x 100 m. 

“Ditambah dengan sasaran tambahan berupa rehab 20 unit rumah dan pembuatan 1 unit pos kampling. Sedangkan sasaran nonfisik diarahkan pada kegiatan penyuluhan untuk menggugah kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta penanaman pohon penghijauan,” jelasnya.  

Dalam upacara pembukaan kegiatan yang dilaksanakan efektif selama 21 hari (14 Mei s/d 3 Juni 2013) ini juga diserahkan alat peralatan kerja  dan pemukulan kentongan sebagai tanda dimulainya pelaksanaan TMMD. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi kegiatan TMMD. (451h& Her).

Sumber : Bag. Humas Setda Kab. Pekalongan
Editor    : Nd. Kominfo


 

Tidak ada komentar: