Senin, 20 Mei 2013

Perbaikan Jembatan Mulai dari Median jalan di sebelah timur Jembatan Kalibanger

Jelang Perbaikan Jembatan Kalibanger

KOTA – Median jalan di sebelah timur Jembatan Kalibanger, Jalan Dr Sutomo, Kota Pekalongan, mulai kemarin (16/5) dibongkar. 

Pembongkaran terkait dengan rencana perbaikan sisi selatan Jembatan Kalibanger oleh Bina Marga Provinsi Jateng besok.

 Tujuan pembongkaran adalah untuk memudahkan manuver kendaraan-kendaraan yang melintas dari arah timur (Semarang), pada saat perbaikan jembatan berlangsung.

Dari pantauan Radar Pekalongan di lapangan, panjang median jalan yang dibongkar mencapai sekitar 50 meter. Pembongkaran dimulai beberapa meter sebelah barat Mako Brimob Kalibanger, hingga jarak 20 meter sebelah timur sebelum jembatan.

  ilustrasi

 Pembongkaran itu dilakukan oleh Bina Marga Provinsi Jateng melalui pelaksana proyek.

Menurut Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Setya Budi Waspada, panjangnya median yang dibongkar itu menyesuaikan jarak antara dua lampu penerangan jalan yang berdiri di tengah median. “Jarak antar lampu itu sekitar 50 meter,” ungkapnya.

Diharapkan, dengan ruang kosong sepanjang itu, kendaraan-kendaraan besar dari arah timur yang akan dialihkan arusnya ke sisi jalan di sebelah utara tidak kesulitan untuk pindah lajur. Sebab, sisi selatan jembatan yangs sebelah selatan akan ditutup selama perbaikan berlangsung.

PPK Bina Marga Pelaksanaan Jalan Pekalongan-Batang-Plelen Henugroho menyampaikan, pembukaan median itu merupakan salah tahapan awal sebelum proses pembongkaran jembatan dilakukan. Hal itu sesuai dengan permintaan dari Satlantas setempat untuk memudahkan proses pengalihan arus ke lajur jalan di utara.

Selain membongkar median jalan, imbuh Henu, pihak pelaksana proyek kemarin (16/5) sudah mulai memetakan titik-titik untuk pemasangan rambu di jalur alternatif khusus bagi kendaraan kecil yang sudah ditentukan. 

Survey untuk pemasangan rambu jalur alternatif dimana saja akan dipasang itu berdasarkan petunjuk dari Satlantas Polres Pekalongan Kota.

 Itu dilakukan di jalur alternatif dari arah Semarang maupun Jakarta “Nanti akan diketahui berapa rambu yang dibutuhkan dan akan dipasang dimana saja,” terangnya.

Setelah survei jalur alternatif dilakukan, dan rambu-rambunya telah selesai dibuat, selanjutnya pelaksana proyek, berkoordinasi dengan Satlantas dan Dinas Perhubungan akan memasang rambu-rambu tersebut pada titik yang telah ditentukan.

 “Jumat besok (hari ini, red) kalau sudah selesai akan langsung dipasang rambunya,” imbuhnya.

Menunggu Alat Berat
Sementara itu, pihak pelaksana perbaikan Jembatan Kalibanger menyatakan bahwa proses pembongkaran sisi selatan jembatan untuk diperbaiki, akan langsung dilakukan setelah alat-alat berat datang. 

Diperkirakan, alat-alat berat akan mulai berdatangan pada sore ini hingga Sabtu besok. “Kita masih persiapan mobilisasi alat berat,” kata Manajer PT Ananta, Amin Saidin, selaku pelaksana proyek.

Seperti diberitakan sebelumnya, minggu ini akan mulai dilakukan perbaikan jembatan Kalibanger, khusus untuk sisi selatan. Jika tidak ada halangan, proses pembongkaran diperkirakan akan dimulai besok. 

Ditargetkan, proses perbaikan sisi selatan Jembatan Kalibanger akan rampung pada H-20 Lebaran. (way)
sumber

Tidak ada komentar: