Kamis, 23 Mei 2013

“Pelaku usaha harus fokus, kreativitas dan berinovasi"

Pelaku Usaha Diminta Terus Berinovasi 

PEKALONGAN – Untuk menjadi pengusaha besar yang sukses, para pelaku usaha harus senantiasa mengembangkan kreativitas dan berinovasi. Sebab saat berhenti berinovasi, sesungguhnya merupakan kompetitor yang dihadapi pelaku usaha. 

Hal tersebut disampaikan Pemilik Batik Pesisir. Failasuf dalam Dialog Pengembangan Ekonomi bertema “Cara Jitu Menjadi Pengusaha Besar Sukses”. Kegiatan diselenggarakan Forum Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya atau Fedep Kota Pekalongan di Hotel Nirwana, beberapa waktu lalu.

Menurut Failasuf, seorang pelaku usaha harus memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi. Ia mencontohkan, kain batik dengan produk cacat, masih bisa diolah menjadi kerajinan bernilai ekonomi. “Produk kain batik yang cacat, saya olah lagi, misalnya disobek untuk dibuat serbet. 

 ilustrasi

Jangan berhenti berinovasi. Pasti selalu ada inovasi untuk menjalankan usaha. Tapi ketika kita berhenti berinovasi dan hanya fokus pada bisnis itu sendiri, itulah sebenarnya kompetitor kita,” papar Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Pekalongan itu.

Dialog Pengembangan Ekonomi juga menghadirkan Sony Hikmatul, perintis pendirian Pasar Grosir Setono. Menurut dia, salah satu kunci sukses untuk mengembangkan usaha adalah fokus pada konsumen. Selain itu, harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan konsumen.

Menimba Ilmu
Dia mengemukakan, yang tak kalah penting, rajin menimba ilmu dari pengusaha-pengusaha sukses. “Pelaku usaha harus fokus untuk mengetahui siapa saja yang akan menjadi konsumen. Selain itu, berguru kepada orang-orang sukses,” jelasnya Failasuf. 

Namun, ia mengingatkan kepada para pelaku usaha untuk tidak jual mahal setelah mengecap kesuksesan. “Kalau sudah sukses, jangan jual mahal. Kalau jual mahal, akan hilang kesuksesannya,” tandas Failasuf.

Ketua Fedep Kota Pekalongan Rofiqur Rusdi berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi kepada pelaku usaha agar mereka bisa meningkatkan usaha untuk mencapai kesuksesan. (K30-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 22-05-2013)

 

Tidak ada komentar: