Rabu, 29 Mei 2013

Siswa SMP 14 Pekalongan,Iffah Bercita-cita Kejar Emas di IJSO

Iffah Kejar Emas di IJSO 

Iffah Nabilah berhasil mencatatkan diri sebagai satu siswa Kota Pekalongan yang berprestasi di bidang akademik tingkat nasional. Namanya berada diantara 31 siswa SMP se-Jateng peraih medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Batam, Kepulauan Riau, 15-21 Mei lalu. 

Dalam OSN tersebut, siswa SMP 14 Pekalongan ini (bukan SMP Negeri 4 Pekalongan seperti diberitakan Suara Merdeka, Kamis 23 Mei), meraih medali perunggu bidang biologi. Kegemarannya pada dunia tumbuhan dan hewan, mengantarkan siswa yang lahir pada 9 agustus 1999 ini meraih medali perunggu bidang bilogi di ajang tersebut.

Saya senang mempelajari dunia tumbuhan. Mempelajari organ dan jaringan-jaringan pada tumbuhan serta fungsi-fungsinya,” ujar anak pertama pasangan Nurhayati dan Mochammad Syukron Syaufi ini. Prestasi yang diraih Iffah di ajang OSN, menyulut motivasinya untuk meningkatkan prestasi di tingkat internasional. 

Saat ini, ia akan kembali berkutat dengan buku-buku pelajaran untuk mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan “The 10th International Junior Science Olympiad (IJSO)” yang akan diselenggarakan di Pune, India pada Desember mendatang.

Berbeda dengan OSN, IJSO merupakan kompetisi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) meliputi fisika, kimia dan biologi. Meskipun agak berat, karena harus mempelajari kimia dan fisika, namun Iffah bertekad menaklukan kedua mata pelajaran tersebut. 

“Saya akan mulai belajar fisika dan kimia. Karena kita memang harus menyukai semuanya. Yang penting mau mencoba dan mau berusaha. Saya ingin mendapatkan medali emas,”ujar siswa yang bercita-cita menjadi dokter itu. (Isnawati-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 27-05-2013)

 

Tidak ada komentar: