Selasa, 28 Mei 2013

Pekalongan Kota:Implementasi program Integrated Paperless Goverment (IPG)

Pemkot Pekalongan menuju Integrated Paperless Goverment 

Pekalongan, Info Publik – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan berencana mengimplementasikan program Integrated Paperless Goverment (IPG) guna menuju Pekalongan Smart City Government. 

IPG adalah program penghilangan atau pengurangan kertas dalam administrasi perkantoran dan layanan Online tanpa tatap muka yang menjadi layanan simbolik pokok E-goverment.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan Sri Budi Santoso saat memberikan paparan di hadapan Walikota Pekalongan dr HM Basyir Ahmad, Sekda Dwi Arie Putranto dan sejumlah pejabat lainya, di ruang Kalijaga, Senin (27/5).

Menurut Sri Budi Santoso implementasi IPG merupakan gelombang II E Goverment Kota Pekalongan pada 2013 – 2015. “Gelombang pertamanya adalah pada tahun 2008 – 2012 yaitu launching e-government, inisiasi pengembangan dan pemantapan pilar-pilar E Government di Kota Pekalongan, ibarat kata masa itu adalah masa menanam bibit dan sekarang adalah saat memetik buah,” katanya.

Ditambahkannya urgensi dari memasuki gelombang II E-Gov ini adalah menyiapkan pekalongan agar layak sebagai Kota Percontohan E-Gov berbasis OSS, Broadband City yang akan dicanangkan oleh Pemerintah pusat pada Oktober 2013.

Guna implementasi IPG ini Sri Budi Santoso mencatat masih ada sejumlah kendala. Diantaranya adanya SKPD yang belum memiliki scan dan belum familiar dengan scan berbasis aplikasi.

Menanggapi paparan dari Sri Budi Santoso, Basyir Ahmad mengharapkan agar seluruh SKPD bergerak cepat dengan mendukung program ini. ”Saya tidak ingin waktu dibuka hanya seremonial saja dan masih rencana, saya ingin saat itu sudah deklarasi,” tegasnya.

Basyir menilai IPG ini bukanlah hal yang sulit karena basisnya sudah selesai pada gelombang pertama penggunaan FOSS sejak 2008 – 2012. “Persoalanya sekarang bukan bisa atau tidak tapi mau atau tidak,” tandasnya. (diskominfo/007)

 

Tidak ada komentar: