Senin, 20 Mei 2013

Pemkot Percantik Tampilan Lapangan Jetayu, Mataram dan Jalan Cenderawasih

Percantik Kota, Lapangan Jetayu dan Mataram Ditata 

PEKALONGAN – Untuk mempercantik kawasan Kota Pekalongan, pemerintah setempat mulai menata beberapa tempat umum, antara lain Lapangan Mataram, Jetayu, dan Jalan Cenderawasih

Penataan yang berlangsung hingga empat bulan ke depan tersebut, menelan dana APBD 2013 sekitar Rp 1.250 juta. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Pekalongan Marsudi Ismanto, usai mengikuti sepeda sehat Pemkot Pekalongan, kemarin mengatakan, penataan Lapangan Mataram menelan dana Rp 750 juta, sedangkan kawasan Kota Lama meliputi Lapangan Jetayu dan Jalan Cenderawasih Rp 500 juta.

Penataan Lapangan Mataram selain memperindah lapangan dengan berbagai jenis tanaman dan penggantian paving, juga merehab bangunan joglo yang ada di ujung barat lapangan. 

Bangunan yang berfungsi gerbang masuk lapangan sekaligus tempat duduk para tamu undangan saat upacara atau acara lainnya. 

“Bangunan di sisi barat lapangan dibongkar. Bentuk bangunan yang baru masih tetap mencirikan bangunan khas Jawa Tengah, hanya ukurannya diperbesar. Sebab selama ini saat upacara, panitia harus menambah atap di depan joglo,” katanya.



Sedangkan penataan Lapangan jetayu dan Cenderawasih yang berlokasi di kawasan Kota Lama Pekalongan, meliputi pengurukan tanah dan penambahan beberapa jenis tanaman di bagian selatan lapangan. Penataan tahap dua tersebut bertujuan semakin mempercantik bagian dalam lapangan

Dia mengatakan, penataan tahap I tahun 2012 dengan anggaran mencapai Rp 980 juta APBD 2012, antara lain untuk penggantian paving pada trotoar yang mengelilingi lapangan, pengerukan sebagian tanah, penanaman rumput di lapangan, serta pemasangan lampu taman di beberapa titik. 

Penataan tanah dan rumput lapangan, terutama di sebelah utara atau di sekitar huruf-huruf balok bermotif batik masuk tahap pertama.

Sarana Olahraga
Penataan tahap dua yang saat ini sedang berlangsung difokuskan pada bagian selatan, antara lain dengan pembangunan sarana prasarana kegiatan ataupun olahraga untuk masyarakat. 

Melalui sejumlah rencana penataan tersebut, nantinya Lapangan Jetayu bisa menjadi sebuah ruang terbuka hijau percontohan di Kota Pekalongan. kawasan Kota Lama termasuk Jalan Cenderawasih akan menjadi lebih hijau, nyaman, dan indah. 

“Khusus Jalan Cenderawasih, pada bagian jalan yang tidak berfungsi akan dimanfaatkan untuk trotoar. Pohon-pohon yang ada di sekitar kawasan itu akan tetap dipertahankan agar suasana tetap rindang dan hijau,” terangnya. (mni/06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 18-05-2013)

 

Tidak ada komentar: