Sabtu, 07 Juli 2012

Pemkab Pekalongan targetkan 150 ribu wisatawan

Pekalongan (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menargetkan 150 ribu pengunjung wisata ke daerah setempat pada tahun ini sebagai upaya mendukung program Visit Jateng 2013.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Muritno, di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa jumlah pengunjung wisata ke beberapa objek wisata andalan daerah setempat mencapai 86 ribu per tahun.

curug muncar petungkriyono

"Akan tetapi, untuk mendukung program Visit Jateng 2013, kami optimistis tingkat kunjungan wisatawan akan naik dan mencapai target," katanya.

Ia mengatakan, saat ini, pemkab terus berupaya fokus pada pengembangan lokasi wisata andalan, yaitu Linggo Asri di Kecamatan Kajen dan Pantai Depok.

Linggo Asri, Kab.Pekalongan
 
Pantai Depok, kab.Pekalongan

"Dari hasil analisis, keberadaan wisata Linggo Asri kami nilai masih perlu mendapatkan perhatian pada penataan tempat yang belum bisa memenuhi harapan pengunjung dan kurang `marketable`," katanya.

Menurut dia, berkurangnya tingkat kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata daerah setempat juga akibat promosi objek wisata yang sering terjebak pada kegiatan yang tidak promotif.

Namun, kata dia, untuk menggairahkan tingkat kunjungan wisatawan ini, pemkab akan melakukan kerja dengan sektor wisata swasta agar terbentuk satu paket wisata Linggo Asri-Dieng.

Pantai Wonoketo, kab.Pekalongan

Lolong, kab.Pekalongan

Ia mengatakan bahwa tingkat kunjungan wisatawan pada tahun 2011 sebanyak 97.742 orang, atau naik 12,82 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 86.632 orang.

"Adapun pendapatan dari objek wisata Linggo Asri dan Pantai Depok pada tahun 2011 sebanyak Rp264,3 juta atau naik sekitar 14 persen dibanding tahun sebelumnya Rp231,8 juta," katanya.
(KR-KTD/D007) 
 

Tidak ada komentar: