Selasa, 22 Januari 2013

600 Paket Sembako Bagi Para Korban Banjir di Tiga Kelurahan

KOTA – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Pekalongan menyerahkan 600 paket sembako bagi para korban banjir di tiga Kelurahan di Pekalongan Utara, yakni Panjang Baru, Pabean, dan Bandengan. (19/1). Bantuan yang masing-masing paketnya diantaranya berisi beras, mie instan, biskuit dua botol air mineral, tersebut diserahkan langsung oleh sejumlah pengurus dan anggota GOW, bersana Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan, serta pihak – pihak yang terkait dalam penyaluran bantuan itu kepada para korban banjir di tiga Kelurahan tadi.

Ketua Tim Penggerak PKK Hj Balgis Diab menyampaikan, bantuan itu sebagai bentuk kepedulian dari ibu – ibu GOW untuk meringankan para korban banjir. Salah satunya korban banjir di Kelurahan Panjang Baru, Pekalongan Utara, yang difokuskan di kampung nelayan yang berada di RW 9. “Kehadiran kami di sini adalah untuk bersilaturrahmi sekaligus bentuk kepedulian untuk meringankan para korban banjir,” kata dia. Pada acara penyerahan bantuan kepada para korban banjir di Kampung Nelayan Kelurahan Panjang Baru, yang dilangsungkan di TK Mina Bahari I. Pantaisari, Panjang Baru, (19/1) siang.

Balgies mengatakan, dengan terjadinya banjir yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim akhir akhir ini, menyebabkan warga kampung Nelayan kesulitan mencari nafkah. Sebab, rata – rata warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan tak bisa melaut. Juga, masyarakat setempat menjadi keseulitan untuk mendapatkan air bersih. “Sehingga dalam paket bantuan ini juga ada dua botol air mineral berukuran besar untuk membantu mencukupi kebutuhan air minum,” katanya. Ketua RT 4 RW 9 Kelurahan Panjang Baru, Kristin Satoto mengatakan, bantuan paket sembako dari GOW itu berjumlah 150 paket. Itu diberikan kepada 150 KK di kompleks perumahan nelayan yang berada di RT 2, 3, 4, dan 5 RW 9. “Diutamakan yang mendapat bantuan adalah para janda, nelayan jompo, dan warga lain yang kurang mampu.

Karena warga di sini rata – rata nelayan, maka tidak bisa mencari nafkah karena gelombang laut tinggi. Ditambah lagi dengan musibah banjir yang melanda,” katanya. Ketua GOW Kota Pekalongan Hj Yantie Hermawan mengatakan, bantuan yang diberikan adalah hasil sumbangan dari para pengurus dan anggota beberapa organisasi yang berada di bawah GOW. Diantaranya yang ikut berperan, adalah organisasi Persatuan Wanita Republika Indonesia (Perwari), Asimilasi, PIIP, serta WPC.

Diungkapkan, bantuan tersebut berjumlah 600 paket, yang selanjutnya dibagikan kepada para korban banjir di Kelurahan Panjang Baru, Pabean, dan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara. “Bantuan pertama diserahkan kepada warga di Kelurahan Panjang Baru sebanyak 150 paket. Selanjutnya, kita serahkan kepada warga di Pabean, dan terakhir Bandengan. Total berjumlah 600 paket,” kata Yantie. (way)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 21-01-2013)

Tidak ada komentar: