Rabu, 30 Januari 2013

dr HM basyir Ahmad:Kepangkatan Tidak Menentukan Seseorang Untuk Menduduki Jabatan Tapi Kinerja Yang Akan Kita Nilai

Pejabat Akan Dinilai Dari Kinerja 

Pekalongan, Info Publik - Untuk menetapkan seorang pegawai Negeri Sipil (PNS) pada jabatan tertentu di lingkungan Pemkot Pekalongan, Walikota dr HM basyir Ahmad akan lebih menekankan pada kinerja nya bukan pada kepangkatanya. Hal itu diungkapkannya saat melantik 13 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan , Di Ruang Sunan Kalijaga, Rabu (30/1) . 

Mereka yang dilantik antara lain Ir Agus Jati Waluyo menjadi Kepala Kantor Ketahanan pangan. Semula dia menjabat sebagai Kepala bagian Administrasi pembangunan Setda. Posisinya digantikan oleh Aprilyanto Dwi Purnomo yang semula adalah kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas pendidikan pemuda dan Olahraga.

Menurut basyir hal itu adalah langkah guna merevitalisasi seluruh jajaran pejabat di Pemkot Pekalongan dengan mengutamakan kinerja walaupun jenjang kepangkatan belum sesuai atau sudah tinggi. “jadi dengan kata lain kepangkatan tidak menentukan seseorang untuk menduduki jabatan tapi kinerja yang akan kita nilai,” ujarnya.

Sedangkan untuk menilai kinerja masing-masing pejabat, Basyir akan segera meminta badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) untuk merolling pejabat, Kepala Dinas dan Kepala Badan untuk masuk ketempat-tempat tertentu guna menambah wawasan mereka. “jadi dalam waktu dekat ini kemungkinan akan ada rotasi lagi yang tujuanya untuk memberi kesempatan kepada pejabat tersebut bisa lebih memahami tu tugas – tugas pemrintahan,” tandasnya.

Basyir khawatir jika seorang pejabat yang potensial namun hanya berada di satu tempat saja tempat pernah belajar di bagian lain justru menghambat karir pejabat itu sendiri. “Jadi kedepan saya tidak ingin ada pejabat yang potensial digondeli atasanya saat akan dirotasi,” tambahnya.

Secara khusus Basyir mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan masukan terkait hal tersebut. Pada kesempatan tersebut basyir juga menegaskan pentingnya sebuah sistem agar tidak tergantung pada satu orang saja.

“Untuk bisa bekerja dengan baik, kami membutuhkan semua orang namun tidak mau bergantung pada satu orang seberapapun hebatnya dia dimata kita,” katanya. Alasanya karena seseorang yang hebat dan mulia di mata manusia belum tentu begitu juga di mata Allah. (diskominfo/007)

 

Tidak ada komentar: