Jumat, 25 Januari 2013

TPI Mulai Normal

TPI Mulai Pulih

PANJANG WETAN – Aktifitas di tempat pelelangan ikan (TPI) yang sempat lumpuh selama beberapa waktu, kini berangsur – angsur mulai normal. Seluruh kegiatan di TPI dan sekitarnya baik lelang ikan maupun kegiatan lain sudah berjalan sejak (19/1) lalu. Mulai normalnya kegiatan di TPI dikarenakan nelayan kini sudah dapat melaut pasca diturunkan bendera hitam. Kepala TPI setempat, Kasim S menjelaskan, sejak Sabtu lalu lelang di TPI sudah kembali berjalan. Hal positif tersebut berlanjut hingga (22/1). “Dari Sabtu lelang sudah kembali berjalan meskipun baru sedikit ikan yang masuk. Sampai hari ini, perkembangannya terus membaik dan ikan yang masuk juga semakin bertambah,” tuturnya.

Diakuinya, kondisi TPI memang belum kembali seperti saat normal, namun setidaknya gerakan perekonomian yang berada di sekitar tempat tersebut sudah mulai berjalan. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap harga ikan dipasaran. Dimana lumpuhnya TPI menyebabkan langkanya ikan di pasaran, dan membuat harganya melambung. Namun saat ini setidaknya ikan sudah bisa ditemui di pasaran. Namun, lanjut Kasim, saat ini muncul maslah baru yang membuat kapal susah masuk ke dalam pelabuhan, yaitu pendangkalan muara. Hal itu mengakibatkan beberapa kapal berukuran besar susah untuk masuk. Mengatasi hal tersebut, TPI harus menurunkan kapal bantuan untuk menarik dan melangsir ikan hingga ke pelabuhan.

Saat ini kami tengah mengupayakan menurunkan dua kapal untuk menarik kapal yang akan masuk. Sementara sebelum dua kapal tersebut bisa turun, kami membantu untuk melangsir ikan bagi kapal besar yang tidak bisa masuk hingga pelabuhan. Selain itu, kami juga tengah berkomunikasi dengan Kepala Dinas untuk kembali melakukan pengerukan di muara,” beber pinta Kasim lagi. Sementara itu, data dari Syahbandar Kota Pekalongan, kapal sudah mulai diizinkan untuk berlayar sejak Kamis (17/1). Hal tersebut karena kondisi gelombang di perairan Jawa sudah kembali normal. Saat ini diperkirakan ketinggian gelombang di perairan utara Jawa berkisar antara 0,75 hingga 1,25 meter. Sedangkan kapal yang mengajukan izin berlayar, hingga Sabtu lalu tercatat sudah mencapai 15 kapal. (ap16)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 23-01-2013)

Tidak ada komentar: