Senin, 28 Januari 2013

Rapat mediasi DPRD Kota Pekalongan Bersama PT.KAI Berakhir Deadlock

Pertemuan dengan Dewan Buntu

PEKALONGAN – Rapat mediasi antara DPRD Kota Pekalongan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI), (23/1), untuk mencari solusi larangan berjualan di stasiun berakhir deadlock. Dalam pertemuan yang digelar di ruang Ketua DPRD Kota Pekalongan itu belum menemukan titik temu kaitannya dengan nasib para pedagang. PT KAI ngotot tak akan izinkan pedagang berjualan. 

Hal itu sesuai instruksi Direktur Utama PT KAI per 1 Februari 2013. Tempat larangan melingkupi di dalam kereta maupun di dalam area Stasiun Besar Pekalongan. “Ini memang program dari direksi. Jadi di stasiun bebas dari pedagang asongan tetap dan harus dilaksanakan. Ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan dan memberi kenyamanan bagi para penumpang,” tegas Kepala Stasiun Besar Pekalongan, Sri Miyanto.

Kendati demikian, jika pada 1 Februari masih ada pedagang di stasiun, pihaknya terlebih dahulu akan mengambil langkah-langkah persuasif. Sementara, DPRD berharap PT KAI bersikap bijak bisa memberi ruang kepada para pedagang asongan agar tetap bisa berjualan. Ketua DPRD HM Bowo Leksono menyatakan, PT KAI meski harus mengerti kondisi yang dialami para pedagang asongan jika akhirnya tidak bisa berjualan di stasiun. “Dalam waktu dekat akan kami pertemukan antara PT KAI dan pedagang asongan, termasuk bersama DPRD dan Pemkot.

Solusi Terbaik
Harapannya, pada pertemuan itu sudah ada teknis solusi terbaik bagi para pedagang itu sendiri,” ujar Bowo Leksono. Dalam pertemuan itu, hadir perwakilan Daops IV PT KAI Semarang, jajaran Stasiun Besar Pekalongan, serta Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Pekalongan Bambang Nurdiyatman.

Seperti diberitakan Suara Merdeka, pedagang asongan dan batik di Stasiun Besar Pekalongan yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Asongan Batik (PPAB) Pekalongan protes adanya larangan berjualan di area stasiun maupun di atas kereta api yang dikeluarkan oleh PT KAI. (H63-90)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 25-01-2013)

Tidak ada komentar: