Rabu, 30 Januari 2013

Sambut Gelaran Durian Lolong

Festival Durian Lolong 2013 

Bagi para penggemar buah durian, bersiap-siaplah menyambut gelaran Festival Durian Lolong yang rencana akan kembali diselenggarakan pada tanggal 3 – 10 Februari 2013. Acaranya beragam, termasuk yang paling ditunggu masyarakat tentunya makan durian bersama sepuas-puasnya (Ken-Duri Durian). Agenda lain yang tak kalah menarik adalah acara Selamatan Petik Durian dan Kontes Durian Unggul.
 
Festival yang rencananya akan dibuka oleh Bupati Pekalongan ini bertempat di Lemah Abang-Lolong dan Pendopo rumah dinas Bupati. Desa Lolong memang merupakan salah satu desa yang berpotensi menghasilkan durian unggul di Kab. Pekalongan. Setiap musim durian tiba, bersama dengan desa lain penghasil durian, Kab. Pekalongan menjadi salah satu pemasok durian di Jawa.

festival_durian_Lolong_2013
Untuk durian lolong sendiri, namanya sudah terkenal di kalangan penikmat durian sebagai salah satu durian yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Tidak heran, durian dijadikan landmark wilayah berupa tugu durian di perempatan Kecamatan Karanganyar. Sepanjang jalur menuju desa Lolong, setiap gapura gang desa dihiasi pula dengan patung durian. 

Hal ini sebagai wujud kebanggaan warga akan potensi daerahnya.Menurut Adi Thomas dari Fedep (pendamping acara festival durian) kegiatan festival durian merupakan tradisi rutin setiap tahun yang menawarkan tidak hanya wisata kuliner namun juga wisata alam, budaya, petualangan dan pendidikan. “Diharapkan branding festival durian lolong ini dapat menjadi pengungkit daya saing komoditas durian dan wisata pedesaan di Kab. Pekalongan”, jelasnya.

Ditambahkan Adi Thomas, festival ini memang bertujuan untuk mempromosikan keunggulan durian Pekalongan sebagai The King of Tropical Fruit. Selain itu, untuk melestarikan nilai-nilai tradisi komunitas petani dalam pembudidayaan durian lokal di kawasan Dokarkajen (Doro, Karanganyar, Kajen). “Kemudian mendorong peningkatan daya saing durian lokal Pekalongan melalui “Kompetisi Durian Unggulan”, mendorong peran serta berbagai pihak dalam pengembangan wisata terpadu pedesaan yang berkelanjutan melalui kegiatan pelestarian budaya lokal, konservasi, petualangan desa, pendidikan dan kuliner serta ikut mensukseskan Visit Jateng Year 2013”.

Ada 3 agenda utama yang dijadwalkan. Yang pertama Selamatan Durian di desa Lemah Abang, suatu acara yang merupakan simbolisasi rasa syukur petani durian dalam menyambut masa panen. Prosesi acaranya meliputi doa syukur bersama, pemetikan durian oleh petani ditunjukkan kepada Bupati untuk mendapatkan restu mulai panen, tanda mulai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan balon serta pertunjukkan kesenian lokal.

Agenda kegiatan 3 - 10 Pebruari 2013  :
Minggu, 3 Pebruari, jam 09.00 Pembukaan festival durian Lolong 2013, dangdut rege dan bazar.
Senin, 4 Pebruari, Marawis ElFata dan bazar.
Selasa, 5 Pebruari, Lomba memancing dan bazar.
Rabu, 6 Pebruari, lomba Marawis dan bazar.
Kamis, 7 Pebruari, Musik organ tunggal dan bazar.
Jum'at, 8 Pebruari, lomba mewarnai dan bazar.
Sabtu, 9 Pebruari, Orkes Melayu dan bazar.
Minggu, 10 Pebruari, Kontes dan pesta Durian.

Jadi, kosongkanlah satu atau beberapa hari jadwal harian anda di tanggal 3 – 10 Februari 2013. Datang, makan dan meriahkan acara Festival Durian Lolong. Jangan sampai terlewatkan ya.

Contact Person (Panitia) :
Eko Kumaidi - HP: 081903635879
Kasiam Sinaga - HP: 085727373046
sumber

 

Tidak ada komentar: