Senin, 15 Juli 2013

Menteri PU Targetkan H-7, Perbaikan Jalur Mudik rampung

Perbaikan Jalur Mudik Belum 100%, Menteri PU Targetkan H-7 Rampung

Jakarta - Pemerintah terus melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan yang menjadi titik jalur mudik lebaran. Saat ini perbaikan jalur mudik belum rampung 100%. Ditargetkan seminggu sebelum lebaran sudah rampung.

"Memang masih dalam proses perbaikan. Harapan kita pada saatnya akan selesai. Seminggu sebelum dan setelah Lebaran mudah-mudahan semua baik. Belum selesai, tapi kita harapannya bisa layani pemudik dengan baik," ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di kantor presiden, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Dari pengamatan Djoko, jalur mudik yang masih diperbaiki adalah dari perbatasan Jawa Barat hingga Brebes. Di jalur selatan juga tengah dalam perbaikan.

Djoko mengatakan setiap tahun, pihaknya selalu melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan nasional. Mulai dari penutupan lubang-lubang hingga merekonstruksi ulang. Dari 38 ribu km jalan nasional setiap tahun pasti ada yang diperbaiki.

"Tapi kalau sekarang sudah direkonstruksi tahun depan di titik itu direkonstruksi lagi, itu kami mengaku salah. Mudah-mudahan tidak terjadi seperti itu. Kalau sekarang pemeliharaan rutin, tahun depan ada berkala, itu memang bisa terjadi," katanya.

Berapa anggaran perbaikan jalan di tahun ini? Djoko mengatakan tidak hafal persis, namun anggaran Ditjen Bina Marga untuk pembangunan dan perbaikan jalan tahun ini mencapai Rp 30 triliun hingga Rp 40 triliun, dan akan naik terus tiap tahun.



 

Tidak ada komentar: