Rabu, 10 Juli 2013

Pemkot Pekalongan akan lakukan validasi data penerima BLSM

Data Penerima BLSM Akan Diperbaiki 

PEKALONGAN – Data Penerima untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai Sementara masyarakat (BLSM) tahap kedua akan diperbaiki. Peerbaikan data tersebut untuk memastikan penyaluran BLSM tepat sasaran.

Kepala Kantor POS Pekalongan, Tarman menjelaskan berdasarkan rapat evaluasi penyaluran BLSM tahap pertama dengan Pemerintah Kota Pekalongan (Pemkot), Kantor Pos Pekalongan diminta menyelesaikan penyaluran BLSM bagi penerima yang belum mengambil. Seperti diberitakan kemarin, sebanyak 414 Rumah Tangga Sasaran (RTS) belum mengambil uang BLSM yang disalurkan Kantor Pos Pekalongan.

Untuk pembagian BLSM tahap pertama, BLSM diberikan kepada warga sesuai data dari pusat. Namun pada pembagian tahap kedua nanti, data penerima BLSM akan dievaluasi,” terangnya, kemarin.

Pemkot Pekalongan, lanjut dia, akan melakukan validasi data penerima BLSM tahap pertama tersebut agar penyaluran BLSM tahap kedua nanti tepat sasaran. “Pemkot diminta agar penyaluran BLSM ahap kedua nanti benar-benar disalurkan kepada warga yang benar-benar berhak menerimanya,” sambungnya.
Tidak Sesuai
Sebelumnya, Wali Kota M Basyir Ahmad mengatakan, data penerima BLSM memang tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat saat ini. Menurut dia, sekitar 200 RTS dari 8.261 RTS penerima raskin, telah diubah melalui musyawarah kelurahan. Dan, Pemkot telah mengajukan perubahan data penerima raskin tersebut ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).
Namun, yang dijadikan sebagai acuan data penerima BLSM bukan data penerima raskin hasil perubahan tersebut. Karena itu, Pemkot Pekalongan akan memverifikasi ulang terhadap 200 RTS pengganti. “Penerima BLSM baru nanti harus benar-benar warga tidak mampu dan berhak mendapatkan bantuan,” jelasnya saat memberikan sambutan pada Pencanangan Gerakan Nasional Waspada Obat dan Makanan Ilegal Pasar Podosugih, beberapa waktu lalu. (smnetwork/k-30-06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 09-07-2013)

 

Tidak ada komentar: