Jumat, 19 Juli 2013

Bantuan Air Bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa tengah

Warga Dapat Bantuan Air Bersih

PEKALONGAN – Warga Kelurahan Pasisari Kecamatan pekalongan Barat mendapat bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa tengah.

Bantuan air bersih tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga setelah dua unit sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang menjadi sumber air bersih bagi warga di kelurahan tersebut, rusak.

Nurizah, warga RT 01 RW 06 Kelurahan Pasirsari mengatakan, sejak Pamsimas rusak, dia dan warga Pasirsari lainnya kesulitan mendapatkan air bersih, ia mengandalkan kiriman air bersih dari BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Kebutuhan air bersih tidak bisa dipenuhi dari sumurnya karena sumurnya sudah tertintrusi air laut dan limbah. “Air sumur saya berwarna, saya hanya memakainya untuk mencuci pakaian. Sedangkan untuk minum dan memasak, saya ambil dari kelurahan (Pamsimas), sebulan bayar Rp 5000. tapi kini Pamsimasnya rusak,” terangnya saat menunggu kiriman air bersih dari BPBD Provinsi Jawa Tengah, kemarin. 

Hal yang sama disampaikan Sumiti, yang juga tidak bisa mengandalkan air sumurnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Air sumur saya memang jernih, tapi rasanya asin. Sehingga tidak bisa diminum,” terangnya.

Menurutnya, sejak Pamsimas tidak mengalir, warga sangat bergantung pada bantuan air bersih dari BPBD tersebut. “Mobilnya tidak pasti datangnya, kadang pagi, kadang sore,” sambungnya.

Sejak 20 Juni
Terpisah, Lurah Pasirsari Martoyo menjelaskan, bantuan air bersih BPDB Provinsi Jawa Tengah sudah berjalan sejak 20 Juni lalu. Bantuan air bersih itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sejak dua unit sarana Pamsimas yang ada di RW 06 dan RW 05 kondisinya rusak.

Pamsimas yang di RW 06 mesin pompanya rusak. Tapi sudah diusulkan pembelian mesin pompa oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Sedangkan yang di RW 05 airnya asin. Banyak warga yang komplain,” terangnya.

Bantuan air bersih dari BPDB tersebut, kata dia, akan berlangsung selama Bulan Puasa. Selanjutnya, kebutuhan air bersih bagi warga akan dipenuhi dari PDAM Kota Pekalongan.

Tahun ini PDAM masuk. Jaringannya sudah dipasang di RW 06.10.04.03 dan 08. sebelum Lebaran, sambungan PDAM akan masuk rumah warga, sehingga warga tidak akan kesulitan lagi dalam mendapatkan air bersih,” jelasnya. (smnetwork/k30-06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 17-07-2013)

 

Tidak ada komentar: