Rabu, 31 Juli 2013

Polres Pekalongan Kota Siapkan pengamanan arus mudik

Kendaraan Dinas Kurang Memenuhi Syarat 

PEKALONGAN - Jajaran Polres Pekalongan Kota saat ini sudah menyiapkan pengamanan arus mudik di wilayah pantura. Salah satu yang dilakukan yakni mengecek awal seluruh kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil dinas yang digunakan untuk pengamanan lebaran.

Menurut Kapolres AKBP Rifki di sela-sela pemeriksaan kendaraan dinas, (29/7) pagi, dengan adanya kegiatan itu paling tidak jajarannya berusaha untuk menjalankan tugas dengan baik. Bagaimana hasil dari pengecekan awal itu, Kapolres menjelaskan, masih cukup banyak kekurangannya dan perlu dilengkapi, seperti oli mobil yang perlu diganti, dan kondisi kendaraan yang kurang memenuhi syarat, Kapolres meminta kekurangan itu, secepatnya disempurnakan sehingga saat digelar Operasi Ketupat Candi 2013 pada 2-17 Agustus, kendaraan operasional bisa digunakan dengan maksimal.

Selain kendaraan, RIfki juga memeriksa kelengkapan personel polres saat bertugas sebagai pengaman lebaran. Hasilnya juga masih yang perlu disempurnakan di antaranya rompi anggota yang belum lengkap atributnya. "Rompi yang digunakan saat menjalankan pengamanan Lebaran harus ada nama serta pangkat anggota," tandasnya.

Tambahan Personel
Lebih lanjut dijelaskan, untuk pengamanan arus mudik tahun ini, jumlah personel yang diturunkan lebih banyak dari rencana awal. Hal itu dilakukan karena sesuai dengan instruksi Kapolri, pengamanan Lebaran harus dipantau secara cermat sehingga arus lalu lintas menjadi lancar. Sebelumnya, Polres Pekalongan Kota telah menyiapkan sebanyak 350 personel untuk mengamankan arus Lebaran tahun ini. "Dengan adanya instruksi dari Kapolri, jumlah personel kami bertambah menjadi 390 orang," kata dia.

Tambahan 40 personel dari jajarannya tersebut nantinya akan difokuskan ke jalur pantura yang bakal dilintasi para pemudik. Setiap jarak 200 meter, di wilayah hukumnya terdapat pos tenda dan tambahan personel akan ditempatkan di pos tersebut. Dengan menggunakan sistem seperti itu, maka jumlah pos tenda yang ada di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota juga ikut bertambah yakni semua 11 pos menjadi 19 pos tenda. Kapolres mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya selalu waspada ketika berkendaraan di saat arus mudik. Saat itu, sejumlah ruas jalan di Kota Pekalongan bakal dipadati kendaraan dari arah barat ke timur sehingga harus berhati-hati. (H4-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 30-07-2013)

 

Tidak ada komentar: