Senin, 15 Juli 2013

Serba Gratis Mudik Bareng Menhub

Tiket Gratis, Makan Gratis

JAKARTA-- Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengungkapkan, selain transportasi gratis bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, para pemudik juga akan mendapatkan makanan gratis.

Dijelaskan, nantinya sepeda motor para pemudik akan dinaikan ke kapal roll on roll off (Roro), sedangkan pemilik kendaraan akan naik di Kapal Pelni.

"Nantinya kami akan menyediakan empat kapal Roro. Satu Roro bisa menampung sepeda motor sekitar 1.400 unit. Kendaraan roda empat saya tidak kasih naik. Sementara, untuk pemilik kendaraan akan naik di Kapal Pelni di belakang, sekitar 1.500 orang yang bisa naik. Dan biaya transportasi dan makanannya gratis," katanya, di Jakarta, Minggu (14/7).

Ia juga mengatakan, selain itu, pihaknya telah menyediakan Kereta Api (KA) untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor. "Ada juga KA yang bisa membawa sepeda motor hingga 40.000 unit setiap hari menjelang Lebaran menuju Semarang, Jawa Tengah," bebernya.

Mangindaan mengungkapkan, tranportasi gratis ini akan mulai beroperasi tujuh hari sebelum Lebaran. "Pemerintah juga akan menambah 46 gerbong KA menjelang Lebaran. Karena tiket yang tersedia saat ini sudah habis di booking," ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya tidak bisa melarang warga untuk tidak membawa kendaraan ke kampung halaman saat Lebaran. "Sebab, setiap orang yang merantau pasti akan bangga membawa kepunyaan mereka ke kampung. Karena itu bisa menjadi simbol kesuksesan mereka saat bekerja," tutup Mangindaan. (ian/jpnn) 

sumber

Tidak ada komentar: