Jumat, 19 Juli 2013

KKP Siapkan 1000 Solar packed Dealer Untuk Nelayan

KKP Akan Siapkan 1000 SPDN

Kementrian kelautan dan perikanan (KKP) berencana menyiapkan 1000 Solar packed Dealer Untuk Nelayan (SPDN) di seluruh sentra-sentra Perikanan yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan karena butuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan, sangat penting. Mengingat 60% biaya produksi adalah untuk membeli BBM. Sebagai langkah awal pada tahun 2014 akan direalisasikan 1400 SPDN terlebih dulu.

Hal itu ditegaskan Menteri Kelautan dan perikanan Sharif C Sutardjo disela-sela acara Safarai Ramadhan yang digelar di Kompleks PPNP Pekalongan, Rabu (17/7).

Selain itu Sharif juga telah dan terus melakukan upaya membantu nelayan. “Diantaranya berkoordinai dengan kementrian ESDM, BPH Migas dan Pertamina untuk menjamin ketersediaan dan kontinuitas pasokan BBM bersubsidi bagi nelayan,” tegasnya.

Langkah lain yang dilakukanya dalam membantu nelayan adalah dengan terus melakukan beragam upaya, baik yang bersifat reguler maupun terobosan. Berbagai program dan kegiatan untuk memberdayakan nelayan terus dilakukan. Diantaranya, program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN),Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP), Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan (SeHAT Nelayan) serta Pengembangan diversifikasi usaha dan kemitraan

“Program lain seperti Fasilitasi peningkatan akses permodalan nelayan; agar dapat mengakses permodalan dari lembaga keuangan, fasilitasi asuransi nelayan serta penguatan kelembagaan usaha nelayan seperti KUB dan Koperasi Perikanan, juga telah dilaksanakan,” jelasnya.

Ditambahkanya saat ini pembangunan sektor kelautan menghadapi sejumlah kendala. Diantaranya masih terjadi kemiskinan pada sebagian masyarakat pesisir., keterbatasan akses permodalan, konflik antar pelaku usaha dan sebagainya. “Berbagai permasalahan tersebut  justru menjadi pemacu untuk semakin menjalin harmoni, sinergi dan kerja keras,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Sharif yang juga didampingi Anggota DPRD RI asal Pekalongan, Budi Supriyanto, Walikota Pekalongan dr HM basyir Ahmad bmenyerahkan sumlah bantuan kepada nelayan dan program proyek untuk KKP jawa Tengah dengan nilai total mencapai Rp 39,5 Milyar. (diskominfo/007)

 

Tidak ada komentar: