Senin, 15 Juli 2013

Siswa Sekolah Dasar se-Kota Pekalongan Akan Diimunisasi

11.364 Siswa Akan Diimunisasi 

PEKALONGAN – Sebanyak 11.364 siswa Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) se-Kota Pekalongan akan mendapat imunisasi campak, difteri tetanus (DT) dan tetanus difteri (TD) dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dwi Heri Wibawa menjelaskan, imunisasi campak dan DT akan diberikan kepada siswa kelas I SD sederajat. Sementara imunisasi Tdi akan diberikan kepada siswa kelas II dan kelas III setingkat SD.

Siswa kelas II yang akan mendapat imunisasi TD sebanyak 5.574 siswa, dan siswa kelas III yang akan mendapat imunisasi TD sebanyak 5.790 siswa. Sedangkan siswa kelas I yang akan mendapat imunisasi campak dan DT belum ditata. Pendataan masih menunggu siswa baru masuk sekolah,” terangnya. 

Minggu (14/7). Pemberian imunisasi campak akan dilaksanakan pada September mendatang. Sedangkan imunisasi DT dan TD akan dilaksanakan pada November. Imunisasi akan dilaksanakan di 74 SD Negeri, 47 MI, 46 Sd Swasta dan dua SDLB.

Perlindungan
Menurut Dwi Heri, BIAS dilaksanakan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak terhadap berbagai jenis penyakit. “Bulan imunisasi anak sekolah dilaksanakan untuk memberikan kekebalan kepada siswa SD sederajat terhadap berbagai penyakit yang menyerang anak-anak,” sambungnya. 

Di Kota Pekalongan, lanjut dia, anak-anak masih rawan terhadap penyakit campak. Harapannya, dengan imunisasi campak dalam BIAS dapat mempercepat tercapainya reduksi campak. Selain itu juga untuk menghilangkan dan mencegah akumulasi kelompok rentan, atau dosis kedua untuk mendapatkan masa perlindungan yang lebih lama terhadap penyakit campak.

Masa perlindungan itu suatu saat pasti akan hilang. Karena itu, BIAS masih menjadi program rutin dari pemerintah pusat yang diselenggarakan setiap tahun.” tambahnya. Tahun 2012, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan telah memberikan imunisasi campak kepada 5.489 siswa dan imunisasi DT kepada 5.452 siswa kelas I SD sederajat. Sedangkan imunisasi TD diberikan kepada 11.251 siswa kelas II dan III SD sederajat. Capaian imunisasi campak 98,7 persen. DT 97,8 persen dan TD 99,1 persen. (K30-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 15-07-2013)

 

Tidak ada komentar: