Rabu, 31 Juli 2013

Jalur Alternatif Kota Pekalongan disiapkan bagi pemudik

Kurangi Kepadatan Lalu Lintas

PEKALONGAN - menjelang Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan telah menyiapkan jalur alternatif bagi kendaraan pemudik, terutama pengendara sepeda motor. Menurut Kepala Dishub Doyo Budi Wibowo MM jalur itu disiapkan guna mengurangi terjadinya kepadatan kendaraan saat arus mudik. "Setiap menjelang lebaran, seluruh ruas jalan Kota ini selalu dipenuhi kendaraan dari arah barat, karena itu disiapkan jalur alternatif," katanya.

Ketika arus mudik, Kota Batik selalu dilintasi puluhan ribu sepeda motor dan mobil pribadi sehingga arus lalu lintas menjadi padat. Doyo menjelaskan, jika menggunakan jalur biasa, maka pemudik dari arah barat nantinya akan melintas di kota Pekalongan melalui Jl. Gajahmada dan Jl. Pemuda. Setelah melewati jalan itu, maka mereka nantinya bisa memilih Jalan Hayam Wuruk atau KH Mas Mansyur.

Jika melalui Hayam Wuruk, selanjutnya melewati Jl. Dr. Cipto, Jl. Dr Wahidin lalu belok ke kiri menuju Jl. Dr melalui KH mas Mansyur, pemudik melewati jalan jenderal sudirman, Setyabudi, Dr Sutomo, lalu keluar dari Kota Pekalongan. kalau arus lalu lintas yang melalui pusat kota cukup padat, maka pemudik bisa menggunakan jalur alternatif yang telah disediakan. "Jika jalur alternatif difungsikan, paling tidak dapat mengurangi kepadatan kendaraan di jalur utama," papar dia.

Pertigaan

Lebih lanjut dijelaskan, jalur alternatif tersebut dimulai dari jalan Merdeka, lalu belok ke kiri ke Jalan Imam bonjol. dari jalan itu kemudian berjalan lurus ke simpang lima gambaran, lalu belok kanan ke jalan manggis. Setelah itu bergerak lurus ke jalan Salak, lurus menyeberangi perempatan jalan hingga ke jalan bandung.

Dari lokasi itu kembali berjalan lurus melewati Jl. Melati, Jl. Seruni, Jl. KI Mangun Sarkoro hingga diperempatan dan belok ke Jl. Kapten Patimura. Setelah berjalan lurus, bertemu dengan pertigaan, tepatnya di belakang terminal Kota Pekalongan. "Saat di pertigaan, ambil jalur kiri jalan sampai ke jalan Dr Cipto dan belok kiri menuju arah Kabupaten Batang," jelasnya. (H4-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 29-07-2013)

Tidak ada komentar: