Jumat, 12 April 2013

Angkutan umum sedang mengalami masa-masa sulit

Djoko: Kematian Angkutan Umum Tinggal Tunggu Waktu

SEMARANG, suaramerdeka.com - Saat ini angkutan umum sedang mengalami masa-masa sulit. Di tengah tarif yang stagnan, pengusaha angkutan pun harus bersaing dengan kemudahan kepemilikan kendaran pribadi, terutama sepeda motor.

Menurut Djoko Setijowarno, pakar transportasi publik, imbasnya pengusaha transportasi umum kurang, kemacetan bertambah, angka kecelakaan meningkat, polusi udara bertambah. "Maka saat ini kematian angkutan umum tinggal menanti waktu saja," kata Djoko Setijowarno, Jumat (12/4).

ilustrasi

Menurut Djoko, memang ada upaya beberapa kota meningkatkan penyelenggaraaan angkutan umum model baru yang dikenal dengan bus rappid transit (BRT) masih setengah hati agar tidak nampak dianggap tak perduli sama sekali dengan transportasi umum.

"Buktinya di lapangan belum bisa membangitkan semangat masyarakat untuk berduyun-duyun untuk mau beralih ke angkutan umum, karena bepergian dengan mengunakan angkutan umum dianggap tidak mampu dan kurang bergengsi," pungkas anggota Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) Semarang.

( Bambang Isti / CN19 / JBSM

Tidak ada komentar: