Senin, 29 April 2013

Lomba Mendongeng GOPTKI Kota Pekalongan

Adu Kecakapan Mendongeng Berbahasa Jawa 

PEKALONGAN- Sebanyak 14 siswa Taman Kanak-Kanak (TK) beradu kecakapan mendongeng dalam bahsa Jawa di gedung Wanita, Kamis (25/4). Lomba ini diselenggarakan Gabungan Organisasi Penyelenggara TK Indonesia (GOPTKI) Kota Pekalongan dalam rsngks memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-56 GOPTKI. 

Sebagian peserta lomba mendongeng tanpa menggunakan alat bantu peraga, tetapi ada juga yang menggunakan alat peraga. Salah satunya Alfian Abinaya. Saat mendongeng siswa TK Masithoh 04 Kergon itu memainkan dua replika ikan ditangan kanan dan di tangan kiri seolah ikan itu tengah berkomunikasi.

 ilustrasi

Disaksikan ayah dan guru pembimbingnya, serta tim juri dan penonton, Alfian menyampaikan pesan betapa pentingnya tolong menolong antar sesama melalui dongeng yang disampaikan. Sebelum Alfian, tampil Nurul Kharina. Siswa TK Pembina ini menceritakan pengalamannya setelah berkunjung ke Museum Batik Nasional.

Dalam dongengnya, Nurul menceritakan dalam kunjungannya itu dia tidak hanya belajar membatik, tetapi juga mengetahui motif-motif batik di Indonesia. Menurut Guru pembimbingnya, Turijah, Nurul hanya berlatih selama empat hari sebelum mengikuti lomba.

Sudah Terbiasa

“Meskipun hanya berlatih selama empat hari, namun setiap hari di sekolah kami sudah terbiasa dengan kegiatan mendongeng seperti ini. Sebelum jam pelajaran, kami membiasakan siswa untuk berbagi cerita tentang apa saja yang dilakukannya. Kegiatan ini juga untuk merangsang anak agar bisa mengutarakan pendapatnya,”paparnya.

Ketua Panitia Lomba Mendongeng dalam Bahasa Jawa, Hermanu menjelaskan, beberapa aspek penilaian dalam Lomba tersebut mencakup teknik, waktu dan penampilan. Aspek teknik melipiuti tiga unsuir yaitu intonasi bahas adan ekspresi. Dijelaskan lomba diselenggarakan sebagai salah satu upaya unutk melestarikan bahasa Jawa. “Selain itu juga untuk melaksanakan pendidikan karakter anak,”terang dia.(K30-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 26-04-2013)
 

Tidak ada komentar: